Analisis Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja, (2) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah secara parsial terhadap kinerja, (3) kontribusi budaya sekolah secara parsial terhadap kinerja, dan (4) kontribusi disiplin kerja secara parsial terhadap kinerja guru pada SD di UPT PPK Sedayu Kabupaten Bantul Tahun 2018.Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif regresional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru bersertifikasi pada SD di UPT PPK Sedayu Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2018. Sampel pada penelitian ini adalah 97 orang guru dengan metode proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Uji hipotesis dilakukan melalui analisis regresi berganda 3 prediktor dengan uji F dan uji determinasi, analisis korelasi parsial, dan sumbangan prediktor yang meliputi sumbangan efektif dan sumbangan relatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan disiplin kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja, (2) kepemimpinan kepala sekolah secara parsial berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja, (3) budaya sekolah secara parsial berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja, dan (4) disiplin kerja secara parsial berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD di UPT PPK Sedayu Kabupaten Bantul Tahun 2018.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernawati & Marjono. (2007). “Pengaruh Supervisi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru”. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia Vol. 2 No. 1 Desember 2007 : 11 – 22.
Gusti, (2012).”Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Kerja, dan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Purworejo Pasca Sertifikasi”.Tesis.
Kaliri. (2008). “Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri di Kabupaten Pemalang”. Tesis tidak diterbitkan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Lumbanraja, Basaria. (2013). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah”. Tesis tidak diterbitkan, Program Pascasarjana Universitas Terbuka.
Mawaddatullin, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus II Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 2(1).
Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150-162.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarno. (2009). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes”. Tesis tidak diterbitkan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Wahyuningsih, Sri Rahayu. (2011). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu”. Tesis tidak diterbitkan, Program Pascasarjana Universitas Indonesia.
Article Statistic
Abstract view : 189 timesPDF views : 60 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.