Kurikulum Tahfidz Al Qur’an di Madrasah Aliyah

Isi Artikel Utama

Ardhan Anasswastama
Samidjo Samidjo

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi kurikulum tahfidz Al Qur’an yang meliputi perencanan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan, serta mencari tahu faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi kurikulum tahfidz Al Qur’an di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MA Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni menurut Milles dan Huberman dalam Idrus yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian: implementasi kurikulum tahfidz Al Qur’an di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan sudah berjalan baik. Meliputi (1) Perencanaan kurikulum (2) Pelaksanaan tahfidz. (3) Penilaian tahfidz (4) Pengawasan tahfidz (5) Faktor pendukung program tahfidz Lingkungan Pesantren Qur’an, dukungan dari Yayasan dan Madrasah untuk mengalokasikan secara khusus jam pelajaran, sumber daya manusia (SDM) yang memadai, prasarana dan sarana yang cukup representatif, motivasi guru tahfidz kepada siswa-siswi. (6) Faktor penghambat dari program tahfidz di MA Sunan Pandanaran yaitu: Koordinasi madrasah dan pesantren untuk menemukan “one way†sukses tahfidz, Banyaknya kegiatan siswa  dan madrasah yang sifatnya insidental, Adanya guru tahfidz yang intensitasnya kehadiran rendah, Jadwal liburan sekolah yang terlalu panjang, Motivasi siswa yang masih rendah, ada kegiatan yang kurang jelas.

Kata kunci: Implementasi Kurikulum Tahfidz, Menghafal Al Qur’an, Madrasah

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 3 (Februari) 2019

Referensi

Akbar, Ali., & Ismail, Hidayatullah,. (2016). Metode Tahfidz Al Qur’an di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin Vol 24 No 1, hal 101.

Departemen Agama RI. (2005). Pendidikan Islam dan pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.

Fatmawati, Eva. (2018). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an di Pondok Pesantren Al Ashr Al Madani Kabupaten Bandung. Vol.1 No.3

Ferdinan. (2018). Pelaksanaan Program Tahfidz Al Qur’an (Studi Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Sulawesi Selatan). Jurnal Tarbawi Vol. 3 No. 1

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif) Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga

Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Wiji Hidayati. (2012). Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Pedagogia.

Zulfitriani. (2016). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Darul Ilmi Vol 1 No 2.