Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Â
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dalam bimbingan dan konseling di SMA N 1 Pundong Yogyakarta. Metode Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, dokumentasi dan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator guru BK, guru BK, para tenaga pendidik dan peserta didik. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan menggali data, kemudian menganalisis data mengumpulkan dan dianalisis, selanjutnya merumuskan masalah. Menentukan rumusan masalah berdasarkan tingkatan kelas dan menentukan strategi pemecahan masalah serta pengembangannya yaitu menentukan metode, waktu, sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan manajemen layanan dilakukan secara maksimal, pengorganisasian manajemen dilakukan dengan menentukan layanan dan bidang-bidang bimbingan, pembagian kerja. Penggerakan manajemen bimbingan dan konseling dilaksanakan dengan cara komunikasi secara intensif. Pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung baik berupa lisan maupun tulisan. Dari hasil wawancara, dokumentasi dan pengamatan, pelaksanaan manajemen layanan bimbingan konseling berjalan efektif dan mampu meningkatkan mutu belajar peserta didik. Kata kunci: manajemen bimbingan konseling, mutu belajar, bimbingan dan konseling
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Fatah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakary
Hamalik, Oemar.(2001). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hasan, Iqbal.(2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Galia Indonesia.
Hasibuan, Malayu.(2001). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hazrati, Rima. (2016). Pengaruh Media Dalam Layanan bimbingan Kelompok Terhadap Pengaturan Diri Siswa Kelas XI di SMAN 56 Jakarta. Insight Jurnal. Vol 5 No. 1.
H. Kamaludin. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 4, Juli 2011
Karina, Windi. (2017). Layanan BK di Sekolah Islam dan Sekolah Katolik (Studi Komparative Pada SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMP Stella Duce I Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam Vol. 14, No. 2, Desember 2017
Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhtar.(2003). Merambah Manajemen Baru Pendidikan Tinggi Islam. Jakarta: Mizaka Ghaliza.
Nurkholis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: PT. Grafindo.
Prayitno dan Eman Amti.(2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanti, S., Sugiyo., Tajri, I.,(2012). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Fun Game untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 1. No.2.
Sagala, Saiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryobrota, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.