Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar

Isi Artikel Utama

Suminingsih Suminingsih

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dalam bimbingan dan konseling di SMA N 1 Pundong Yogyakarta. Metode Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, dokumentasi dan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator guru BK, guru BK, para tenaga pendidik dan peserta didik. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan menggali data, kemudian menganalisis data mengumpulkan dan dianalisis, selanjutnya merumuskan masalah. Menentukan rumusan masalah berdasarkan tingkatan kelas dan menentukan strategi pemecahan masalah serta pengembangannya yaitu menentukan metode, waktu, sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan manajemen layanan dilakukan secara maksimal, pengorganisasian manajemen dilakukan dengan menentukan layanan dan bidang-bidang bimbingan, pembagian kerja. Penggerakan manajemen bimbingan dan konseling dilaksanakan dengan cara komunikasi secara intensif. Pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung baik berupa lisan maupun tulisan. Dari hasil wawancara, dokumentasi dan pengamatan, pelaksanaan manajemen layanan bimbingan konseling berjalan efektif dan mampu meningkatkan mutu belajar peserta didik. Kata kunci: manajemen bimbingan konseling, mutu belajar, bimbingan dan konseling

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 3 (Februari) 2019

Referensi

Fatah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakary

Hamalik, Oemar.(2001). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasan, Iqbal.(2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Galia Indonesia.

Hasibuan, Malayu.(2001). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hazrati, Rima. (2016). Pengaruh Media Dalam Layanan bimbingan Kelompok Terhadap Pengaturan Diri Siswa Kelas XI di SMAN 56 Jakarta. Insight Jurnal. Vol 5 No. 1.

H. Kamaludin. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 4, Juli 2011

Karina, Windi. (2017). Layanan BK di Sekolah Islam dan Sekolah Katolik (Studi Komparative Pada SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMP Stella Duce I Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam Vol. 14, No. 2, Desember 2017

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar.(2003). Merambah Manajemen Baru Pendidikan Tinggi Islam. Jakarta: Mizaka Ghaliza.

Nurkholis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: PT. Grafindo.

Prayitno dan Eman Amti.(2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanti, S., Sugiyo., Tajri, I.,(2012). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Fun Game untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 1. No.2.

Sagala, Saiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryobrota, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.