Manajemen Sekolah Dasar Berwawasan Lingkungan Hidup
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai hambatan dalam implementasi manajemen Pembelajaran Lingkungan Hidup (PLH) di sekolah dasar khususnya di sekolah dasar Kanisius Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber datanya terdiri dari sumber daya manusia yang ada di lokasi penelitian, sumber data berupa tempat, dan sumber data dokumen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Untuk analisisnya dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hambatan yang timbul dalam implementasi manajemen pembelajaran lingkungan hidup di SD Kanisius Kalasan Sleman Yogyakarta, beberapa hambatan yang dijumpai di antaranya: para siswa tidak mudah tanggap terhadap sampah, siswa mudah lupa untuk merawat lingkungan di sekolah. Para guru setiap hari selalu mengingatkan kepada para siswa untuk menyapu, membuang sampah pada tempatnya sementara kegiatan guru sangat banyak sekali, ada sebagian murid yang sulit untuk membuang sampah pada tempatnya karena terbiasa di rumahnya yang membuangkan sampah adalah pembantu, dan karena tugas para guru terlalu banyak sehingga kadang kurang fokus dalam mengawasi para murid dalam menjaga lingkungan.
Kata kunci: manajemen sekolah dasar, lingkungan hidup
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).