Manajemen Sekolah Dasar Berwawasan Lingkungan Hidup

Isi Artikel Utama

Dwi Sayekti
http://orcid.org/0000-0002-2635-7249

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai hambatan dalam implementasi manajemen  Pembelajaran Lingkungan Hidup (PLH) di sekolah dasar khususnya di sekolah dasar Kanisius Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber datanya terdiri dari sumber daya manusia yang ada di lokasi penelitian, sumber data berupa tempat, dan sumber data dokumen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Untuk analisisnya dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hambatan yang timbul dalam  implementasi manajemen  pembelajaran lingkungan hidup  di SD Kanisius  Kalasan Sleman Yogyakarta, beberapa hambatan yang dijumpai di antaranya: para siswa tidak mudah tanggap terhadap sampah, siswa mudah lupa untuk merawat lingkungan di sekolah. Para guru setiap hari selalu mengingatkan kepada para siswa untuk menyapu, membuang sampah pada tempatnya sementara kegiatan guru sangat banyak sekali, ada sebagian murid yang sulit untuk membuang sampah pada tempatnya karena terbiasa di rumahnya yang membuangkan sampah adalah pembantu, dan karena tugas para guru terlalu banyak sehingga kadang kurang fokus dalam mengawasi para murid dalam menjaga lingkungan.

Kata kunci: manajemen sekolah dasar, lingkungan hidup

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 1 (Juni) 2019
Biografi Penulis

Dwi Sayekti, PPPP TK Seni dan Budaya Yogyakarta

semoga sukses selalu