Kontribusi Kedisiplinan Literasi, Motivasi, dan Kecerdasan Emosional terhadap Penumbuhkembangan Budi Pekerti Peserta Didik

Isi Artikel Utama

Suparjinah Suparjinah

Abstrak

Tujuan penelitian mengetahui kontribusi kedisiplinan literasi, motivasi, dan kecerdasan emosional terhadap penumbuhkembangan budi pekerti peserta didik SD di Kecamatan Galur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini: kedisiplinan literasi, motivasi, kecerdasan emosional dan penumbuhkembangan budi pekerti. Penelitian ini dilaksanakan pada SD di Kecamatan Galur. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V se Kecamatan Galur tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah sebanyak 475 siswa yang tersebar pada 27 SD. Berdasarkan rumus Issac & Michael maka sampel penelitian ini berjumlah 212 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan literasi, motivasi, dan kecerdasan emosional terhadap penumbuhkembangan budi pekerti peserta didik kelas V SD di Kecamatan Galur tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: kedisiplinan literasi, motivasi, kecerdasan emosional, penumbuh-kembangan budi pekerti

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 3 (Februari) 2019