Program Parenting Melalui Sekolah Orang Tua

Isi Artikel Utama

Tutik Dwi Endarti
Sunarto Sunarto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Manajemen program parenting di SDIT Ar Raihan Bantul (2) Faktor pendukung (3) Kendala yang dihadapi dan (4) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam program parenting. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SDIT Ar Raihan Bantul. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan analysis interactive model dari Miles dan Huberman dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen program parenting yang diberi nama Sekolah Orang Tua Ar Raihan di SDIT Ar Raihan Bantul berjalan sangat baik. Pada perencanaan ditemukan adanya kontrak belajar yang mewajibkan seluruh orang tua mengikuti parenting dan pada tahap pelaksanaan ditemukan adanya sistem online (2) Faktor pendukung dari kegiatan parenting di SDIT Ar Raihan Bantul adalah semangat untuk belajar dan kerja sama yang baik dari para pengurus dan antusiasme peserta (3) Kendala-kendala yang dihadapi masalah kehadiran dan waktu (4) Solusi yang dilakukan dengan melaksanakan kegiatan di hari Sabtu siang dan penyampaian materi secara online.

Kata Kunci : Manajemen program, parenting.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 3 (Februari) 2019

Referensi

Ahmadi, R. 2014. Asas dan filsafat pendidikan. Yogyakarta: Ar-Rum Media

Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia TK. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDN. Vol. 10 No. 1, Juni 2015.

Andani, F.D. (2015). Manajemen program parenting education pada RA Al Ikhlas Kepanjen Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal.Vol.10 No.2.

Arifin, Z. 2010. Evaluasi pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Arikunto, S. & Yuliana, L. 2013. Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta

Athoillah, A. 2002. Dasar-dasar manajemen. Bandung: Fak. Syariah IAIN Sunan Gunung Djati

Hikmat. 2009. Manajemen pendidikan. Bandung: Pustaka

Irawan, I. 2015. Pengantar manajemen sarana dan prasarana sekolah. Ed.1 Cet.1.Yogyakarta: Deepublish.

Langgulung, H. 1986. Manusia dan pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Lestari, S. 2012. Psikologi keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lindasari, E. (2017). Manajemen parenting dalam meningkatkan hubungan sekolah dengan orang tua. Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Vol.1 No.2 halaman146-155.

Marimba, A.D. 1980. Pengantar filasafat pendidikan islam. Bandung: PT. Al-Ma’arif.

Mujib, A. 2006. Ilmu pendidikan islam. Jakarta: Kencana Prenada Media

Nasution, S. 2011. Sosiologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Nuraida, I. 2008. Manajemen administrasi perkantoran. Yogyakarta: Kanisius

Prihatin, E. (2011). Teori administrasi pendidikan. Bandung: Alfabeta

Rohiat. (2011). Manajemen sekolah. Bandung: PT. Revika Aditama.

Setyono, A. (2006). Hypnoparenting. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Surbakti, E. B. 2012. Parenting anak-anak. Jakarta: PT. Elex Media.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi.

Vinayastri, A. (2015). Pengaruh pola asuh orang tua (parenting) terhadap perkembangan otak anak usia dini. Jurnal Ilmiah Widya: Vol.3 No.1 halaman 33 – 42.

Yusuf, F. T. 2000. Evaluasi program dan instrumen evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta.