Manajemen Budaya Sekolah di Sekolah Dasar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang manajemen budaya sekolah yaitu budaya berprestasi di SD Negeri Karangnongko 1 ditinjau dari aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui kegiatan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen budaya sekolah di SD N Karangnongko 1 meliputi perencanaan yang dilaksanakan dengan mendiskripsikan alasan dikembangkannya budaya sekolah. Pengorganisasian budaya sekolah dilaksanakan dengan membuat struktur organisasi lengkap dan rincian tugasnya, serta menambahkan tanggung jawab dan tugas kepada guru sesuai dengan kewenangannya. Pelaksanaaan budaya berprestasi dilaksanakan dengan kompetisi akademik. Pembelajaran efektif, kompetisi nonakademik, revitalisasi ekstrakurikuler, pemberian reward dan keikutsertaan dalam berbagai lomba. Pengawasan dilaksanakan dengan mengumpulkan informasi melalui dialog dengan warga sekolah dan mengamati sikap siswa untuk berprestasi, serta prestasi yang diraih sekolah.
Kata kunci : Manajemen, budaya sekolah, manajemen budaya sekolah
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).