Manajemen Budaya Sekolah di Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Melia Saraswati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang manajemen budaya sekolah yaitu budaya berprestasi di SD Negeri Karangnongko 1 ditinjau dari aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui kegiatan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen budaya sekolah di SD N Karangnongko 1 meliputi perencanaan yang dilaksanakan dengan mendiskripsikan alasan dikembangkannya budaya sekolah. Pengorganisasian budaya sekolah dilaksanakan dengan membuat struktur organisasi lengkap dan rincian tugasnya, serta menambahkan tanggung jawab dan tugas kepada guru sesuai dengan kewenangannya. Pelaksanaaan budaya berprestasi dilaksanakan dengan kompetisi akademik. Pembelajaran efektif, kompetisi nonakademik, revitalisasi ekstrakurikuler, pemberian reward dan keikutsertaan dalam berbagai lomba. Pengawasan dilaksanakan dengan mengumpulkan informasi melalui dialog dengan warga sekolah dan mengamati sikap siswa untuk berprestasi, serta prestasi yang diraih sekolah.

Kata kunci : Manajemen, budaya sekolah, manajemen budaya sekolah

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 3 (Februari) 2019