Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Praktik Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Retno Asih Suminiati

Abstrak

Tujuan penelitian ini menganalisis manejemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Keduren Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen (deskriptif) dengan rancangan kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Keduren.Nara sumber penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf TU, siswa, dan orang tua.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia dalam praktik peningkatan mutu pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri Keduren Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo sudah memadai. Hal ini dapat dijabarkan sebagai berikut: Perencanaan sumber daya manusia ditempuh oleh kepala sekolah dengan menyusun sebuah perencanaan yang selalu diawali dengan mengadakan evaluasi kegiatan pada setiap akhir tahun pembelajaran dengan melibatkan seluruh warga sekolah. Pengorganisasian sumber daya manusia ditempuh dengan melakukan pengorganisasian pokok materi pembelajaran serta pembagian tugas guru secara adil. Pelaksanaan pengelolaan sumber daya manusia ditempuh dengan mengoptimalkan guru dalam melaskanakan kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti, dan penutup. Pengawasan sumber daya manusia ditempuh melalui kegiatan pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, serta tindak lanjut secara berkala dan berkelanjutan. 

Kata kunci: manajemen, sumber daya manusia, mutu pendidikan.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 3 (Februari) 2019