Manajemen Supervisi Akademik dalam Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis manajemen supervisi akademik dalam penerapan model pembelajaran CTL di SMPN 4 Semin Gunungkidul, meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut (2) Faktor penghambat dan faktor pendukung supervisi akdemik (3) Hasil supervisi akadermik di SMPN 4 Semin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 4 Semin Gunungkidul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen supervisi akademik dalam penerapan model pembelajaran CTL di SMPN 4 Semin Gunungkidul dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut dalam upaya mewujudkan kualitas pembelajaran CTL sudah baik. Faktor penghambat supervisi akademik meliputi belum tersedianya fasilitas yang memadai. Faktor pendukung supervisi akademik yaitu ketersediaan sarana prasarana, pendidik yang kompeten. Hasil supervisi akademik dalam penerapan model pembelajaran CTL di di SMPN 4 Semin Gunungkidul secara kualitatif sangat baik.
Kata kunci : manajemen, supervisi akademik, pembelajaran kontekstual
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Arikunto &Lia Yuliana. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
Hamalik, Oemar. (2012). Manajemen Penembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Heryati, Yeti. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan.Bandung: CV Pustaka Setia
Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khotimah. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas I SD“. http://eprints.iain-surakarta.ac.id ).
Kompri. (2015). Manajemen Sekolah.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kumalasari. (2014). Pembelajaran Kontektual. Bandung : PT Refika Aditama.
Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya
Mulyasa. (2015). Pendidikan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia
Muslim, Sri Banun. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. IKAPI: Alfabeta
Mustofa, Saiful. (2013). Supervisi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia
Ngalimun. (2016). Strategi dan Media Pembelajaran. Yoyakarta: Aswaja Pressindo
Permendiknas No. 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah
Priansa, Doni Juni. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta
Sahar, Ahmad. (2015). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD Di Kecamatan Prambanan Sleman†http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/
Sahertian, Piet A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuatitatif,Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta