Manajemen Supervisi Akademik dalam Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual

Isi Artikel Utama

Sriyana Sriyana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis manajemen supervisi akademik dalam penerapan model pembelajaran CTL di SMPN 4 Semin Gunungkidul, meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut (2) Faktor penghambat dan faktor pendukung supervisi akdemik (3) Hasil supervisi akadermik di SMPN 4 Semin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 4 Semin Gunungkidul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen supervisi akademik dalam penerapan model pembelajaran CTL di SMPN 4 Semin Gunungkidul dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut dalam upaya mewujudkan kualitas pembelajaran CTL sudah baik. Faktor penghambat supervisi akademik meliputi belum tersedianya fasilitas yang memadai. Faktor pendukung supervisi akademik yaitu ketersediaan sarana prasarana, pendidik yang kompeten. Hasil supervisi akademik dalam penerapan model pembelajaran CTL di di SMPN 4 Semin Gunungkidul secara kualitatif sangat baik.

Kata kunci : manajemen, supervisi akademik, pembelajaran kontekstual

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 3 (Februari) 2019

Referensi

Arikunto &Lia Yuliana. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media

Hamalik, Oemar. (2012). Manajemen Penembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Heryati, Yeti. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan.Bandung: CV Pustaka Setia

Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khotimah. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas I SD“. http://eprints.iain-surakarta.ac.id ).

Kompri. (2015). Manajemen Sekolah.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kumalasari. (2014). Pembelajaran Kontektual. Bandung : PT Refika Aditama.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya

Mulyasa. (2015). Pendidikan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia

Muslim, Sri Banun. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. IKAPI: Alfabeta

Mustofa, Saiful. (2013). Supervisi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia

Ngalimun. (2016). Strategi dan Media Pembelajaran. Yoyakarta: Aswaja Pressindo

Permendiknas No. 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah

Priansa, Doni Juni. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta

Sahar, Ahmad. (2015). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD Di Kecamatan Prambanan Sleman†http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/

Sahertian, Piet A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuatitatif,Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta