Kontribusi Uji Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru

Isi Artikel Utama

Widya Ningrum Lulu Sayekti

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kontribusi nilai Uji Kompetensi Guru, motivasi berprestasi dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; (2) untuk mengetahui kontribusi nilai Uji Kompetensi Guru terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; (3) untuk mengetahui kontribusi motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; dan (4) untuk mengetahui kontribusi pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede.Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada kontribusi positif dan signifikan dari nilai Uji Kompetensi Guru, motivasi berprestasi dan pengalaman mengajar pada kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede, (2) terdapat kontribusi positif dan signifikan nilai Uji Kompetensi Guru terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; (3) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; dan (4) ada pengaruh positif dan signifikan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kotagede.

Kata kunci: kompetensi guru, motivasi berprestasi, pengalaman mengajar, kompetensi profesional

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 3 (Februari) 2019

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bina Aksara. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Edisi Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan sistem. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud dan Dirjen GTK.2015. Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendiknas.

Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Safari. (2004). Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Usman, M. Uzer. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.