Kontribusi Uji Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kontribusi nilai Uji Kompetensi Guru, motivasi berprestasi dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; (2) untuk mengetahui kontribusi nilai Uji Kompetensi Guru terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; (3) untuk mengetahui kontribusi motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; dan (4) untuk mengetahui kontribusi pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede.Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada kontribusi positif dan signifikan dari nilai Uji Kompetensi Guru, motivasi berprestasi dan pengalaman mengajar pada kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede, (2) terdapat kontribusi positif dan signifikan nilai Uji Kompetensi Guru terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; (3) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kabupaten Kotagede; dan (4) ada pengaruh positif dan signifikan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru sekolah dasar di Kotagede.
Kata kunci: kompetensi guru, motivasi berprestasi, pengalaman mengajar, kompetensi profesional
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bina Aksara. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Edisi Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan sistem. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud dan Dirjen GTK.2015. Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendiknas.
Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Safari. (2004). Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Usman, M. Uzer. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.