Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah

Eni Indarwati(1*)
(1) SDN Wonosari 1
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v3i2.4438

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah, 2) kendala dan pendukung implementasi penguatan pendidikan karakter, serta 3) hasil implementasi penguatan pendidikan karakter Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul, pada tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunkan triangulasi data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa: 1) implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah dilakukan melalui: pembiasaan, keteladanan, pelibatan pemangku kepentingan, kepatuhan terhadap tata tertib sekolah, branding sekolah, literasi, dan ekstrakurikuler. 2) Kendala implementasi penguatan pendidikan karakter: kemampuan guru dalam memberi nasihat, mempengaruhi, dan memotivasi peserta didik, sulit mengukur keberhasilan penanaman nilai-nilai karakter, belum sinkron antara pembiasaan dan keteladanan   karakter yang ditanamkan di sekolah dengan perlakuan, pembiasaan, dan keteladanan di rumah. Sedangkan Faktor pendukung: adanya komitmen orang tua, komitmen guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter, adanya instrumen untuk memantau ketercapaian, konsistensi guru dan peserta didik dalam implementasi penguatan pendidikan karakter. 3) Hasil dari implementasi penguatan pendidikan karakter diantaranya adalah: peserta didik menjadi pribadi yang shaleh/shaleha, peserta didik memiliki integritas moral yang tinggi, peserta didik memiliki akhlakul karimah.

Keywords


penguatan, pendidikan karakter, budaya sekolah

References


Andiarini, S.E., Arifin, I., Nurabadi, A., (2018). Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah, Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan (JAMP) Volume 1 Nomor 2 Juni 2018.

Anggraini, M.S.A., (2017) Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN 3 kota gede yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, (Trihayu) Vol. 3, Nomor 3, Mei 2017, hlm. 151-158

Cevy (2018). Siswa SD di kediri jadi korban bullying. Harian Nasional Tempo. https://nasional.tempo.co/read/1055133/siswa-sd-di-kediri-jadi-korban-bullying-alami-infeksi-otak

Cynthia Lova,( 2018 ). Tribunnews.com. http://wartakota.tribunnews.com/2018/08/04/siswa-sekolah-dasar-tawuran-diamankan-warga-di-depok

Djoko, D & Saksono,I (2012) Pendidikan karakter berbasis pancasila. Ampera Utama (2012)

Hariyanto, M.S., & Samani, M. (2017). Konsep dan model pendidikan karakter, Bandung: Rosdakary

Hartati Welly (2017). Impelementasi pendidikaan karakter disiplin di SD negeri 7 tanjung raja. Jurnal manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan (JMKSP). Volume 2, Nomor 2

Kemdikbud Direktorat Jenderal Guru dan tenaga Kependidikan Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (2018) Peraturan presiden republik indonesia nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter

Kemdikbud. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 20 Tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal.

Mulyasa (2016) Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Nuh, Muhammad. (2011) Desain induk pendidikan karakter. Kememterian Pendidikan Nasional.

Safitri, N.M. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah di SMPN 14 yogyakarta. Jurnal pendidikan karakter, Tahun V Nomor 2, hal 173 - 182

Sobri, A.Y., Wiliandani, A.M., & Wiyono, B.B.,. (2016).Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Cemerlang.

Zamroni (2012) Dinamika peningkatan mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama


Article Statistic

Abstract view : 57 times
PDF views : 25 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.