Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah

Authors

  • Eni Indarwati SDN Wonosari 1, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4438

Keywords:

penguatan, pendidikan karakter, budaya sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah, 2) kendala dan pendukung implementasi penguatan pendidikan karakter, serta 3) hasil implementasi penguatan pendidikan karakter Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul, pada tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunkan triangulasi data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa: 1) implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah dilakukan melalui: pembiasaan, keteladanan, pelibatan pemangku kepentingan, kepatuhan terhadap tata tertib sekolah, branding sekolah, literasi, dan ekstrakurikuler. 2) Kendala implementasi penguatan pendidikan karakter: kemampuan guru dalam memberi nasihat, mempengaruhi, dan memotivasi peserta didik, sulit mengukur keberhasilan penanaman nilai-nilai karakter, belum sinkron antara pembiasaan dan keteladanan   karakter yang ditanamkan di sekolah dengan perlakuan, pembiasaan, dan keteladanan di rumah. Sedangkan Faktor pendukung: adanya komitmen orang tua, komitmen guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter, adanya instrumen untuk memantau ketercapaian, konsistensi guru dan peserta didik dalam implementasi penguatan pendidikan karakter. 3) Hasil dari implementasi penguatan pendidikan karakter diantaranya adalah: peserta didik menjadi pribadi yang shaleh/shaleha, peserta didik memiliki integritas moral yang tinggi, peserta didik memiliki akhlakul karimah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiarini, S.E., Arifin, I., Nurabadi, A., (2018). Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah, Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan (JAMP) Volume 1 Nomor 2 Juni 2018.

Anggraini, M.S.A., (2017) Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN 3 kota gede yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, (Trihayu) Vol. 3, Nomor 3, Mei 2017, hlm. 151-158

Cevy (2018). Siswa SD di kediri jadi korban bullying. Harian Nasional Tempo. https://nasional.tempo.co/read/1055133/siswa-sd-di-kediri-jadi-korban-bullying-alami-infeksi-otak

Cynthia Lova,( 2018 ). Tribunnews.com. http://wartakota.tribunnews.com/2018/08/04/siswa-sekolah-dasar-tawuran-diamankan-warga-di-depok

Djoko, D & Saksono,I (2012) Pendidikan karakter berbasis pancasila. Ampera Utama (2012)

Hariyanto, M.S., & Samani, M. (2017). Konsep dan model pendidikan karakter, Bandung: Rosdakary

Hartati Welly (2017). Impelementasi pendidikaan karakter disiplin di SD negeri 7 tanjung raja. Jurnal manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan (JMKSP). Volume 2, Nomor 2

Kemdikbud Direktorat Jenderal Guru dan tenaga Kependidikan Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (2018) Peraturan presiden republik indonesia nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter

Kemdikbud. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 20 Tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal.

Mulyasa (2016) Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Nuh, Muhammad. (2011) Desain induk pendidikan karakter. Kememterian Pendidikan Nasional.

Safitri, N.M. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah di SMPN 14 yogyakarta. Jurnal pendidikan karakter, Tahun V Nomor 2, hal 173 - 182

Sobri, A.Y., Wiliandani, A.M., & Wiyono, B.B.,. (2016).Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Cemerlang.

Zamroni (2012) Dinamika peningkatan mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama

Downloads

Published

2020-10-27

How to Cite

Indarwati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163–174. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4438

Issue

Section

Vol 3 No 2 (Oktober) 2020

Citation Check