Pengelolaan Taman Kanak-Kanak Berbasis Komite Sekolah

Isi Artikel Utama

Rut Sulastri

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran komite sekolah dalam perencanaan,  pengorganisasian,  pelaksanaan, pengawasan Taman Kanak-Kanak. Menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengelolaan Taman Kanak-Kanak berbasis komite sekolah di TK Kencana Putra Pengasih Kulon Progo. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan menggunakan teknik Trianggulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Komite sekolah telah berperan baik dalam perencanaan pengelolaan Taman Kanak-Kanak. (2) Komite sekolah telah berperan baik dalam pengorganisasian Taman Kanak-Kanak. (3) Komite sekolah telah berperan baik dalam pelaksanaan pengelolaan Taman Kanak-Kanak. (4) Komite sekolah berpera baik dalam pengawasan pengelolaan Taman Kanak-Kanak, yakni dengan menetapkan animo masyarakat dan jumlah siswa baru sebagai penentuan tolak ukur keberhasilan sekolah, serta berperan dalam penggalangan dana dan promosi sekolahan kepada masyarakat. (5) Faktor-faktor yang mendukung pengelolaan Taman Kanak-Kanak berbasis komite sekolah adalah kedekatan komite sekolah dan orang tua, peran aktif komite sekolah dalam pendanaan dan promosi Taman Kanak-Kanan serta tingkat pendidikan anggota komite sekolah yang sudah memadai. Faktor yang menghambat adalah kurang aktifnya beberapa anggota komite sekolah.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 2 (Oktober) 2019

Referensi

Arikunto, S. 2008. Organisasi dan administrasi pendidikan teknologi dan kejuruan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bafadal, I. 1999. Administrasi dan Supervisi Penyelenggaraan Taman Kanak-kanak. Dirjen Dikti: Depdikbud.

Fattah, N. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Harsono. 2008. Model-Model Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasbullah, 2007, Otonomi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ihsan, F. 2003, Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni, 2011, Pembelajaran Kooperatif, Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. 2017. Manajemen pendidikan. Yogykarta: Deepublish Publisher.

Manullang, M. 2005. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: UGM PRESS.

Masaong dan Ansar. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. (Teori, Model, dan Implementasi di Sekolah Dasar). Gorontalo: Nurul Djanah.

Mulyasa, E. 2006, Managemen Berbasis Sekolah. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Pantjastuti, S.R. 2008, Komite Sekolah “Sejarah dan Prospeknya di Masa depanâ€. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Papalia. D.E. & Olds. S. W. 2007. Human Development. (7th ed.). Newyork. McGraw-Hill.

Permendiknas RI Nomor 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Rodliyah, S. 2013. Partisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Keputusan dan Perencanaan Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, 2004, Manejemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tifany Siswardini, 2014, Mutu Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia, diakses dari https://www.kompasiana.com/tifanysisward/54f5ec47a33311c5728b4683/mutu-pendidikan-indonesia-terendah-di-dunia.

Ustanti, U. 2016. Peran Wali Murid Dalam Pengembangan Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun 2016. Tesis. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Yanti, D.K. 2018. Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Metro Pusat. Tesis: Universitas Lampung.