Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4652Keywords:
implementasi, manajemen, kurikulum, pendidikan Islam terpaduAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum pendidikan Islam terpadu sertafaktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan implementasi manajemen kurikulum pendidikan Islam terpadu di SDIT Ulul Albab 2 Purworejo: Perencanaan kurikulum disusun oleh waka kurikulum dan kepala sekolah dengan tetap mengacu pada visi dan misi sekolah. Pelaksanaan kurikulum dijabarkan dengan program sekolah yang rinci disertai kalender pendidikan yang disesuaikan dengan kalender Dinas Pendidikan serta kebijakan yayasan. Faktor yang menghambat: kurangnya motivasi guru untuk meningkatkan kompetensinya, menurunnya tanggung-jawab guru dalam melaksanakan tanggung-jawabnya, keberagaman karakteristik siswa, perbedaan visi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa serta meningkatkanya kebutuhan terhadap jumlah dan kualitas SDM. Solusi yang diambil meliputi: pembinaan guru dan karyawan secara rutin maupun insidental serta pembinaan ruhiyah, mengikutsertakan guru dalam kegiatan workshop, pelatihan maupun studi banding, mengadakan kegiatan KKG, menyelenggarakan program parenting setiap 6 bulan sekali, menyelenggarakan kegiatan paguyuban wali di setiap wali serta menjaring dan menyeleksi guru dan karyawan baru.
Â
Downloads
References
Ahmadi, K 2011, Strategi pembelajaran sekolah terpadu; pengaruhnya terhadap konsep, mekanisme dan proses pembelajaran sekolah swasta dan negeri. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, S dan Yuliana, L 2008, manejemen pendidikan, Yogyakarta: aditya media.
Bafadal, I. 2006. Manajemen peningkatan mutu sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Fauqy, A, 2013, Sistem pendidikan indonesia terburuk di dunia, apa yang alah?, Artikel.
Hamalik, O 2010, Manajemen pengembangan kurikulum, Bandung: remaja rosdakarya.
Minarti, S 2011, Manajemen sekolah: mengelola lembaga pendidikan secara mandiri, Yogyakarta: ar-ruzz media.
Sumaiyah, E. 2010. Implementasi konsep pendidikan Islam terpadu di smp Islam terpadu papb pedurungan Semarang.
Suryosubroto. 2010. Manajemen pendidikan di sekolah. jakarta: rineka cipta.
Suyatno, 2016, Sekolah dasar Islam terpadu dalam konsepsi kelas menengah muslim indonesia,
Tim dosen administrasi pendidikan universitas pendidikan Indonesia, 2008, Manajemen pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Wahab, R. 2013. Konsep sekolah Islam terpadu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).