Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu

Authors

  • Tati Hartati MTs Negeri 1 Purworejo, Indonesia
  • Supriyoko Supriyoko Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4652

Keywords:

implementasi, manajemen, kurikulum, pendidikan Islam terpadu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum pendidikan Islam terpadu  sertafaktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan implementasi manajemen kurikulum pendidikan Islam terpadu di SDIT Ulul Albab 2 Purworejo: Perencanaan kurikulum disusun oleh waka kurikulum dan kepala sekolah dengan tetap mengacu pada visi dan misi sekolah. Pelaksanaan kurikulum dijabarkan dengan program sekolah yang rinci disertai kalender pendidikan yang disesuaikan dengan kalender Dinas Pendidikan serta kebijakan yayasan. Faktor yang menghambat: kurangnya motivasi guru untuk meningkatkan kompetensinya, menurunnya tanggung-jawab guru dalam melaksanakan tanggung-jawabnya, keberagaman karakteristik siswa, perbedaan visi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa serta meningkatkanya kebutuhan terhadap jumlah dan kualitas SDM. Solusi yang diambil meliputi: pembinaan guru dan karyawan secara rutin maupun insidental serta pembinaan ruhiyah, mengikutsertakan guru dalam kegiatan workshop, pelatihan maupun studi banding, mengadakan kegiatan KKG, menyelenggarakan program parenting setiap 6 bulan sekali, menyelenggarakan kegiatan paguyuban wali di setiap wali serta menjaring dan menyeleksi guru dan karyawan baru.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, K 2011, Strategi pembelajaran sekolah terpadu; pengaruhnya terhadap konsep, mekanisme dan proses pembelajaran sekolah swasta dan negeri. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, S dan Yuliana, L 2008, manejemen pendidikan, Yogyakarta: aditya media.

Bafadal, I. 2006. Manajemen peningkatan mutu sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Fauqy, A, 2013, Sistem pendidikan indonesia terburuk di dunia, apa yang alah?, Artikel.

Hamalik, O 2010, Manajemen pengembangan kurikulum, Bandung: remaja rosdakarya.

Minarti, S 2011, Manajemen sekolah: mengelola lembaga pendidikan secara mandiri, Yogyakarta: ar-ruzz media.

Sumaiyah, E. 2010. Implementasi konsep pendidikan Islam terpadu di smp Islam terpadu papb pedurungan Semarang.

Suryosubroto. 2010. Manajemen pendidikan di sekolah. jakarta: rineka cipta.

Suyatno, 2016, Sekolah dasar Islam terpadu dalam konsepsi kelas menengah muslim indonesia,

Tim dosen administrasi pendidikan universitas pendidikan Indonesia, 2008, Manajemen pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Wahab, R. 2013. Konsep sekolah Islam terpadu.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Hartati, T., & Supriyoko, S. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 197–207. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4652

Issue

Section

Vol 3 No 2 (Oktober) 2020

Citation Check