Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu

Tati Hartati(1*), Supriyoko Supriyoko(2)
(1) MTs Negeri 1 Purworejo
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v3i2.4652

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum pendidikan Islam terpadu  sertafaktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan implementasi manajemen kurikulum pendidikan Islam terpadu di SDIT Ulul Albab 2 Purworejo: Perencanaan kurikulum disusun oleh waka kurikulum dan kepala sekolah dengan tetap mengacu pada visi dan misi sekolah. Pelaksanaan kurikulum dijabarkan dengan program sekolah yang rinci disertai kalender pendidikan yang disesuaikan dengan kalender Dinas Pendidikan serta kebijakan yayasan. Faktor yang menghambat: kurangnya motivasi guru untuk meningkatkan kompetensinya, menurunnya tanggung-jawab guru dalam melaksanakan tanggung-jawabnya, keberagaman karakteristik siswa, perbedaan visi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa serta meningkatkanya kebutuhan terhadap jumlah dan kualitas SDM. Solusi yang diambil meliputi: pembinaan guru dan karyawan secara rutin maupun insidental serta pembinaan ruhiyah, mengikutsertakan guru dalam kegiatan workshop, pelatihan maupun studi banding, mengadakan kegiatan KKG, menyelenggarakan program parenting setiap 6 bulan sekali, menyelenggarakan kegiatan paguyuban wali di setiap wali serta menjaring dan menyeleksi guru dan karyawan baru.

 

Keywords


implementasi, manajemen, kurikulum, pendidikan Islam terpadu

References


Ahmadi, K 2011, Strategi pembelajaran sekolah terpadu; pengaruhnya terhadap konsep, mekanisme dan proses pembelajaran sekolah swasta dan negeri. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, S dan Yuliana, L 2008, manejemen pendidikan, Yogyakarta: aditya media.

Bafadal, I. 2006. Manajemen peningkatan mutu sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Fauqy, A, 2013, Sistem pendidikan indonesia terburuk di dunia, apa yang alah?, Artikel.

Hamalik, O 2010, Manajemen pengembangan kurikulum, Bandung: remaja rosdakarya.

Minarti, S 2011, Manajemen sekolah: mengelola lembaga pendidikan secara mandiri, Yogyakarta: ar-ruzz media.

Sumaiyah, E. 2010. Implementasi konsep pendidikan Islam terpadu di smp Islam terpadu papb pedurungan Semarang.

Suryosubroto. 2010. Manajemen pendidikan di sekolah. jakarta: rineka cipta.

Suyatno, 2016, Sekolah dasar Islam terpadu dalam konsepsi kelas menengah muslim indonesia,

Tim dosen administrasi pendidikan universitas pendidikan Indonesia, 2008, Manajemen pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Wahab, R. 2013. Konsep sekolah Islam terpadu.


Article Statistic

Abstract view : 41 times
PDF views : 19 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.