Manajemen Pembinaan Profesionalisme Guru Taman Kanak-Kanak/Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Budaya Jawa

Siti Aminah(1*)
(1) TK Negeri 2 Sleman
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v3i2.4662

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendekripsikan Manajemen Pembinaan Profesionalisme Guru TK/PAUD Berbasis Budaya Jawa di Gugus PAUD VI Kecamatan Pakem tahun 2018/2019. 2) Mengkaji Faktor-faktor pendukung dan penghambat. 3) Mengetahui hasil yang dicapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kualitatif dan dilakukan di Gugus PAUD VI Kecamatan Pakem Sleman, Yogyakarta. Data dikumpulkan dari narasumber yang terdiri dari ketua gugus, kepala sekolah, pengawas, guru, komite sekolah, dokumen-dokumen, serta peristiwa-peristiwa yang berkaitan  dengan proses Manajemen Pembinaan Profesionalisme Guru TK/PAUD Berbasis Budaya Jawa di Gugus PAUD VI Kecamatan Pakem. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini analisis data kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini secara umum menyimpulkan bahwa manajemen pembinaan profesionalisme guru TK/PAUD berbasis budaya Jawa pada tingkat Gugus VI berjalan dengan melibatkan semua anggota gugus. Keberhasilan program pembinaan profesionalisme guru selanjutnya ditentukan oleh manajemen pembinaan di tingkat masing-masing TK/PAUD.

Keywords


budaya Jawa, manajemen guru PAUD, profesionalisme, guru

References


Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dikpora DIY. 2014. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Berbasis Budaya DI TK.

G.R. Terry. 2001. Managemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

London: Practice-Hall International, inc

Masnawati, Eli. (2018). Pelaksanaan Supervisi Kontekstual Dalam Pembinaan Profesionalitas Guru Berbasis Budaya Pesantren. Likhitaprajna, 20, 113-121

Miles, HB and Huberman, AM. 1984. Qualitative Data Analysis, California: Sage

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Mundilarno. 2018. Pembinaan Guru Menurut Budaya Jawa. Yogyakarta: Liberty

Nuraini, Intan., Agus, A.A. (2016). Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal (Studi Kasus pada SMA Negeri 1 Wera Kab. Bima). Jurnal Tomalebbi "Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, dan Pendidikan Pancasila dan Kewargaanegaraan (PPKn)", III (2), 43-52

Nurjanah, R.W. (2018). Implementasi Pembinaan Tenaga Kependidikan Berbasis Budaya Kerja Islami di MTs Al Hidayah Karangsuci Purwokerto Kabupaten Banyumas. Purwokerto,repository.iainpurwokerto.ac.id/495, 72-73

Pendidikan Yang Unggul. Lombok: Holistica.

Publication

Qurtubi, A. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Memfasilitasi Pembinaan Guru di Lingkungan Sekolah Multikultural melalui Kepemimpinan Profesional. Mimbar Pendidikan, 2 (1), 81-94

Robins, S.P. 2001. Organizational behavior Conceps Controversies and applications.

Rosdakarya

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung: Alfabeta.

Sutikno, Sobry. 2012. Manajemen Pendidikan Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga

Undang-Undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003

Yogyakarta.


Article Statistic

Abstract view : 88 times
PDF views : 54 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.