Manajemen Pembelajaran Berbasis Sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul

Purbadi Purbadi(1*)
(1) Mahasiswa Manajemen Pendidikan Pascasarjana UST Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v3i2.4663

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Manajemen pembelajaran berbasis sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul, meliputiperencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengwasan/ kontroling, dan evaluasi; (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat serta solusinya; (3) hasil dalam manajemen pembelajaran berbasis sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen pembelajaran berbasis sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul sudah cukup optimal,baik dalam perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan/kontroling, dan evaluasi; (2) faktor-faktor yang mendukung Manajemen pembelajaran berbasis sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul meliputi dukungan dari kepala sekolah,guru,karyawan staf TU,komite sekolah,wali murid,siswa,dunia usaha dan dunia industri, rekomendasi dinas Dinas Pendidikan,serta dukungan dari Persyarikatan Muhammadiyah,faktor-faktor yang menghambat Manajemen pembelajaran berbasis sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Playen meliputi kurangnya kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran,rendahnya kesadaran orang tua terhadap pendidikan anak,dan seringnya pelanggaran yang dilakukan siswaatau indisipliner; (3) Pengelolaan pembelajaran secara optimal di SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul dapat menghasilkan lulusan yang unggul.

Keywords


manajemen pembelajaran, berbasis sekolah, manajemen SMK

References


Admodiwirio, S.2000, Manajemen pendidikan indonesia, Jakarta: Ardadizyajaya.

Arifin, Z. 2012. Evaluasi pembelajaran. Bandung : PT. Rosdakarya.

Arikunto, S. dan Jabar, Safruddin Abdul, 2010.Evaluasi program pendidikan pedoman praktis

Departemen Pendidikan Nasional , 2002, Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah, konsep dasar, Jakarta: Ditjend Pendidikan Dasar dan Menengah.

Departemen, 2001, Kamus besar bahasa indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Depdiknas.2003.Evaluasi pembelajaran.Jakarta: Dirjen Dikdasmen,direktorat Tenaga Kependidikan Depdiknas.

Hasibuan, J.J. (1992). Proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibtisam, A D., School based management (manajemen berbasis sekolah), UNESCO, Penerjemah : Noryamin Aini, Suparto, Penyunting ; Achmad Syahid, Abas Aljauhari, Jakarta: Logos.

Kambey D.C., Landasan teori administrasi/manajemen (Sebuah Intisari), Manado: Yayasan Tri Ganesha Nusantara.

Kartono, K., 1997, Sistem pendidikan nasional, Jakarta: Pradnya Paramita.

Majid, Abdul. 2006 . Perencanaan pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosda Karya

Meier, Dave. 2002. The accelerated learning handbook, terj: Rahmani Astuti. Bandung:Kaifa.

Moedjiarto. Sekolah unngul. Surabaya : Duta Graha Pustaka, 2001.

Moleong, L. J.,2006.Metodologi penelitian kualitatif,cet.13.Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyasa E., Menjadi kepala sekolah profesional dalam menyukseskan MBS dan KBK , Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa E., 2005 Manajemen berbasis sekolah, konsep, strategi dan implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurkholis, 2003, Manajemen berbasis sekolah , teori, model dan aplikasi, Jakarta: P.T. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pidarta, M. 2004, Manajemen pendidikan indonesia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Piet Go, 2000, Pastrol sekolah, Malang Malang.

Sabri, A., 2005. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Quantum Teaching

Salliis, E., 2004, Manajemen kualitas total dalam pendidikan (Total quality managementin education) Penerjemah : Kambey Daniel C, Manado : Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado.

Senduk, J.F, 2006, Isu dan kebijakan pendidikan konsep dan aplikasinya, Manado: Program Paskasarjana Universitas Negeri Manado.

Sugiyono,2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif,dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suparno, P. dkk, 2002, Reforamasi pendidikan sebuah rekomendasi, Yogyakarta: Kanisius

Surakhmad, W., 1986. Pengantar mengajar- belajar. Bandung: Tarsito

Suryasubroto B, 2004, Manajemen pendidikan di sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syafaruddin, Manajemen mutu terpadu dalam pendidikan konsep, strategi, dan aplikasi, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2002: 14


Article Statistic

Abstract view : 78 times
PDF views : 124 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.