Manajemen Mutu Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Upaya Pengembangan Kompetensi Guru

Hety Viana Purwaningrum(1*)
(1) MTs Al Iman Bulus
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v3i2.4674

Abstract

Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1)  Untuk mendeskripsikan manajemen mutu kepemimpinan kepala madrasah di. (2) Untuk mendeskripsikan upaya pengembangan kompetensi guru (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajemen mutu kepemimpinan kepala madrasah dalam upaya pengembangan kompetensi guru(4) Untuk mendeskripsikan hasil dari manajemen mutu kepemimpinan kepala madrasah dalam upaya pengembangan kompetensi guru Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MA Al-Iman Bulus, Gebang, Purworejo. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Manajemen mutu kepemimpinan kepala madrasah (2) Upaya pengembangan kompetensi guru di MA Al-Iman ditempuh dengan melakukan perencanaan, pembinaan dan penilaian. (3) Faktor pendukung manajemen mutu kepemimpinan kepala madrasah dalam upaya pengembangan kompetensi guru meliputi: kepala madrasah dan guru yang kompeten serta dukungan sarana prasarana sekolah. (4) Faktor yang menghambat: beragamnya karakteristik siswa dan kurangnya kedisiplinan dan motivasi guru dalam mengikuti pengembangan kompetensi guru.

Keywords


manajemen mutu, kepemimpinan, kepala madrasah, pengembangan, kompetensi guru.

References


Abudin, Nata, 2012, sejarah sosial intelektual islam dan institusi pendidikannya, Jakarta: rajawali press.

Agus, Tri Susanto dan Muhyadi, 2016, Peran kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi guru di sekolah menengah pertama negeri, Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan Volume 4, No 2, September 2016 (151-163).

Ahmad, Setiono. 2009. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kepribadian guru di madrasah aliyah negeri maguwoharjo depok sleman. diakses dari http://digilib.uin-suka.ac.id/3778/.

Arafit, Hasan, Fachruddin Azmi, dan Syaukani. 2017. Manajemen kepala sekolah dalam pembinaan kompetensi guru di sekolah menengah pertama (SMP) namira medan. Edu Riligia: Vol. 1 No. 4 Oktober - Desember 2017, hal. 589-601.

Aris, Suherman, 2010, Etika profesi keguruan, Bandung: Refika aditama.

Bush, T. & Coleman, M. 2000. Leadership and strategic mangement in education, London:Paul chapman publishing Ltd.

Cooper, Ken. 2000. Effective competency modelling & reporting: a step-by-step guide for improving individual & organizational perfomance. USA: AMACOM

Depdikbud, 1998, Panduan Manajemen Sekolah, (Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Depdikbud.

Habsah, Cut, Zahri Harun, Nasir Usman, 2017, Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru pada man beureunuen kabupaten pidie, Prosiding seminar nasional pascasarjana (SNP) Unsyiah 2017, April 13, 2017, Banda Aceh, Indonesia.

Hadari Nawawi, 1989, Administrasi pendidikan, Jakarta: Haji masagung.

Harsono. 2008. Model-model pengelolaan perguruan tinggi. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Hikmat. 2009. Manajemen pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Husaini Usman. 2008. Manajemen, teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Ibrahim Bafadal, 2003, Peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar dalam kerangka manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara.

Indrafachrudi, S. 2006. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

IP, Simanjuntak, 1972, Perkembangan pendidikan di indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Jamal Madhi, 2002, Menjadi pemimpin yang efektif dan berpengaruh: Tinjauan manajemen kepemimpinan islam, Terjemahan. Anang Syafruddin dan Ahmad Fauzan, Bandung: PT Syaamil Cipta Media.

Kartini, Kartono, 2008, Pemimpin dan kepemimpinan; Apakah kepemimpinan abnormal itu? (Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kementrian Agama RI, 2015, Madrasah Indonesia: Madrasah prestasiku, madrasah pilihanku, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Kountur, Ronny. 2007. Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. Jakarta: Buana Printing.

Kunandar, Guru profesional implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marohot Tua Efendi Hariandja, 2002, Manajemen sumber daya manusia; pengadaan, pengembangan, pengompensasian, dan peningkatan produktivitas karyawan, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Miles, Mattehw B. dan Huberman, A. Micahel. 1992. Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moh. Uzer Usman, 2001, Menjadi guru profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi penelitian kualitatif, cet. 13. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad Sukanto, 2011, Pengembangan kompetensi guru, Bandung: PT. Ikapi.

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mujamil Qomar, 2007, Pesantren dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi, Jakarta: Erlangga.

Mulyasa, E, 2003, Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, 2008, Manajemen administrasi dan organisasi pendidikan, Jakarta: Ar-Ruuz Media.

Muzayyin Arifin, 2007, Kapita selekta pendidikan islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. 2007. Evaluasi kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prasetio. 2007. Mengajarlah dengan kreativitas. Kompas, 23 Januari 2007.

Rahmad Kadri Sumadi. 1991. Profesionalisme kepala sekolah. Bandung: FPs IKIP Bandung.

Rusyan, Tabrani A & M. Sutisna WD, 2008, Kesejahteraan dan motivasi dalam meningkatkan efektifitas kinerja guru, (Tangerang: PT. Inti Media Cipta Nusantara.

Sardi Salim, 2013, Upaya peningkatan kompetensi profesional guru sekolah kejuruan. Jurnal. Gorontalo: Fakultas Teknik UNG.

Sugiyono, 2008. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. 2008. Manajemen pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Suharsimi Arikunto. 2008. Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Suryosubroto. 2004. Manejemen pendidikan di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Swardi. 2008. Manajemen pembelajaran (mencipta guru kreatif dan berkompetensi). Temperinda Media Grafika, Surabaya.

Syafaruddin, 2005, Manajemen lembaga pendidikan islam, Jakarta: Ciputat Press.

Tannebaum, R., 1997, How to choose a leadership style. Harvard business review, March-April.

Umiarso dan Imam Gojali, 2010. Manajemen mutu sekolah di era otonomi pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD.

Veithzal Rivai. 2006. Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Edisi kedua. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan kepala sekolah, tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wuradji. 2009. The educational leadership (kepemimpinan transformational). Yogyakarata: Gama Media.


Article Statistic

Abstract view : 64 times
PDF views : 49 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.