Kontribusi Manajemen Waktu, Lingkungan di Rumah, dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : 1) kontribusi secara simultan manajemen waktu belajar, manajemen lingkungan belajar di rumah, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar; 2) kontribusi manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) kontribusi manajemen lingkungan belajar di rumah terhadap prestasi belajar dan 4) kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampel dengan jumlah responden 146 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, untuk variabel manajemen waktu belajar, manajemen lingkungan belajar dan motivasi belajar, sedangkan prestasi belajar menggunakan teknik tes. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan reliabilitasnya menggunakan alpha Cronbach, sedangkan uji reliabilitas tes menggunakan split half. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ; 1) Secara simultan terdapat pengaruh yang positif signifikan manajemen waktu belajar, manajemen lingkungan belajar, motivasi belajar terhadap prestasi belajar; 2) Terdapat pengaruh positif signifikan manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa; 3) Terdapat pengaruh positif signifikan manajemen lingkungan belajar di rumah terhadap prestasi belajar ; dan. 4) Terdapat pengaruh kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Amin, A. R. 2014. Sistem pembelajaran pendidikan agama islam pada perguruan tinggi. DIY : CV BUDI UTAMA
Darmadi. 2017. Pengembangan model metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. DIY : CV BUDI UTAMA
Djamarah, 2015. Psikologi belajar. Jakarta : PT RINEKA CIPTA
Ginting, M. N. K., & Azis A. (2014). Hubungan antara lingkungan belajar dan manajemen waktu dengan motivasi menyelesaikan studi. Vol. 6, No.2, 91-97. (Ojs.uma.ac.id. diakses 6 juli 2019)
Kompri, 2016. Motivasi pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA
Letisha, Z. 2016. Trik juara mengatur waktu. Jakarta Selatan: GagasMedia
Maryana, R., Nugraha, A., & Rahmawati Y. 2013. Pengelolaan lingkungan belajar. Jakarta : KENCANA PRENADA MEDIA GROUP
National Safety Council (1994). Stress management. Jones and Barlett Publisher, Inc. One Exeter Plaza. Boston, MA 02116 (original English language edition).
Opy Triansyah, 2)M Fitri Ramadhana . 2018. Pengaruh manajemen waktu dan aktifitas ekstrakulikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas x ips sma negeri 7 medan tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Ekonomi Pendidikan. Vol.6: No. 4 (Online jurnal unimed.ac.id diakses 7 juli 2019).
Novita D. A., & Rini N. 2016. Analisis Pengaruh Manajemen Waktu, Motivasi Kuliah, dan Aktualisasi Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja. Diponegoro journal of management. Volume 5, No. 2. Hal. 1-10 (Online https: ejournal3.undip.ac.id diakses 7 juli 2019).
Pandang, A. 2013. Manajemen waktu belajar. Universitas Negeri Makasar
Risfandi., Busnawir., & Latief S., 2014. Pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas viii smps kartika xx-6 kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol. 2 No. 1. (online ojs.oho.ac.id diakses pada 7 juli 2019).
Rukajat, A. 2018. Manajemen pembelajaran. DIY : CV BUDI UTAMA
Sorot Gunungkidul januari 2019 11: 12 00 WIB (online www.gunungkidul.sorot.co diakses pada maret 2019).
Tim MGBK, Astuti S. E. & Resminingsih. 2011. Bahan dasar untuk pelayaan konseling pada satuan pendidikan menengah, jilid I :Grasindo
Widiasworo, E. 2017. Study smart: Jakarta. PT Gramedia.
Yuswardi., & Rizal, M. F. (2016). Manajemen waktu mahasiswa kurikulum berbasis kompetensiFakultas keperawatan universitas syiah kuala. Idea Nursing Journal. Vol. VII No. 3 (online www.jurnal unsyiah.ac.id) diaskses 6 juli 2019)
Yussi. A., Syaad P., & Purnomo. 2017. Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar kompetensi keahlian elektronika industry di sekolah menengah kejuruan. Jurnal pendidikan: Teori penelitian dan penembangan. Hal 1650-1655. (online jurnal.um.ac.id diakses 8 juli 2019).