Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Pelatihan Terhadap Keprofesionalan Guru Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Vita Dwijayanti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan pelatihan terhadap keprofesionalan guru; (2) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap keprofesionalan guru; (3) kontribusi peran motivasi kerja terhadap keprofesionalan guru; dan (4) kontribusi pelatihan terhadap keprofesionalan guru. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dalam bentuk metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda yang didahului uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada kontribusi positif kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan pelatihan terhadap keprofesionalan guru; (2) Ada kontribusi positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap keprofesionalan guru; (3) Ada kontribusi positif peran motivasi kerja terhadap keprofesionalan; dan (4) Ada kontribusi positif pelatihan terhadap keprofesionalan guru. Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan pelatihan berkontribusi positif terhadap keprofesionalan guru.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 2 (Oktober) 2019

Referensi

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Fathurrohman, P., dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. RefikaAditama.

Imran. (2010). Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2008). Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja.

Purwanto, N. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rozalena, A., dan Dewi, S.K. (2016). Panduan praktis menyusun dan pelatihan karyawan pengembangan karier. Bandung : Alfabet.

Rusman. (2011). Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Suarli dan Bahtiar. (2009), Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis. Jakarta : Erlangga.

Sujak, A. (2010). Kepemimpinan Manajemen, Eksistensinya Dalam Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali.

Surizal (2014). “Pengaruh Pelatihan dan Kepemimpinan Terhadap Kompetensi Guru MTs Negeri Selatpanjangâ€. Utile Jurnal Penididikan.

Tobari. (2015). Membangun budaya organisasi pada instansi pemerintahan. Yogyakarta: Penerbit Dee publish.

Yamin, M., dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada.