Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kulon Progo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kulon Progo. Implementasi terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum, serta faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian Kepala dan Pendidik Satuan PAUD di Kabaupeten Kulon Progo. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi atau analisis dokumen. Teknik keabsahan dara menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan ialah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisi interaktif dengan tiga tahap yakni rekduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclution drawing). Hasil penelitian Implementasi Kurikulum 2013 PAUD Kabupaten Kulon Progo menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum 2013 sudah dilaksanakan di seluruh satuan PAUD di Kabupaten Kulon Progo. Implementasi kurikulum 2013 terdiri dari perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. 2) Hambatan yang terjadi dalam implementasi kurikulum 2013 antara lain: minimnya pengetahuan pendidik tentang K13, kurangnya sarana prasarana, dan banyaknya administrasi yang harus dikerjakan. 3) Faktor pendukung antara lain: adanya keinginan dan kemauan pendidik untuk terus belajar, dukungan dari dinas terkait peningkatan wawasan K13, dan dukungan dari berbagai stakeholder.
Keywords
References
Emzir. (2014). Metodologi penelitian kualitatif analisis data. Jakarta: Rajawali Pers. Haris, E. Abas, H.M, & Wardiana, Y. (2018). Sekolah adiwiyata. Jakarta : Erlangga.
Hamalik, O. 2013. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hariwijaya,M. (2007). Metodologi dan teknik penulisan skripsi, tesis dan disertasi.
Hidayat, A. dan Machali, I. 2012. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kaukaba.
Kementerian Lingkungan Hidup & Kemendikbud. (2011). Panduan adiwiyata sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.
Kementerian Lingkungan Hidup RI. 2012. Informasi mengenai adiwiyata. Online. http://www.menlh.go.id/informasi-mengenai-adiwiyata/
Manab, A. 2014. Manajemen Perubahan Kurikulum. Yogyakarta: Kalimedia.
Nata, Abuddin. 2010. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sutrisno & Purbonuswanto, W. (2017). Kewirausahaan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Tatang S (2015), Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Bandung: Pustaka Setia Bandung
Toto, R., dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Article Statistic
Abstract view : 21 timesPDF views : 14 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.