Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kulon Progo

Authors

  • Eko Budi Antoro PAUD Kabupaten Kulon Progo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.5042

Keywords:

implementasi kurikulum, Kurikulum 2013, PAUD Kulon Progo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kulon Progo. Implementasi terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum, serta faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian Kepala dan Pendidik Satuan PAUD di Kabaupeten Kulon Progo. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi atau analisis dokumen. Teknik keabsahan dara menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan ialah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisi interaktif dengan tiga tahap yakni rekduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclution drawing). Hasil penelitian Implementasi Kurikulum 2013 PAUD Kabupaten Kulon Progo menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum 2013 sudah dilaksanakan di seluruh satuan PAUD di Kabupaten Kulon Progo. Implementasi kurikulum 2013 terdiri dari perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. 2) Hambatan yang terjadi dalam implementasi kurikulum 2013 antara lain: minimnya pengetahuan pendidik tentang K13, kurangnya sarana prasarana, dan banyaknya administrasi yang harus dikerjakan. 3) Faktor pendukung antara lain: adanya keinginan dan kemauan pendidik untuk terus belajar, dukungan dari dinas terkait peningkatan wawasan K13, dan dukungan dari berbagai stakeholder.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emzir. (2014). Metodologi penelitian kualitatif analisis data. Jakarta: Rajawali Pers. Haris, E. Abas, H.M, & Wardiana, Y. (2018). Sekolah adiwiyata. Jakarta : Erlangga.

Hamalik, O. 2013. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hariwijaya,M. (2007). Metodologi dan teknik penulisan skripsi, tesis dan disertasi.

Hidayat, A. dan Machali, I. 2012. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kaukaba.

Kementerian Lingkungan Hidup & Kemendikbud. (2011). Panduan adiwiyata sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.

Kementerian Lingkungan Hidup RI. 2012. Informasi mengenai adiwiyata. Online. http://www.menlh.go.id/informasi-mengenai-adiwiyata/

Manab, A. 2014. Manajemen Perubahan Kurikulum. Yogyakarta: Kalimedia.

Nata, Abuddin. 2010. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sutrisno & Purbonuswanto, W. (2017). Kewirausahaan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Tatang S (2015), Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Bandung: Pustaka Setia Bandung

Toto, R., dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Antoro, E. B. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kulon Progo. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–272. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.5042

Issue

Section

Vol 3 No 2 (Oktober) 2020

Citation Check