Pengelolaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika SMP Kabupaten Bantul

Isi Artikel Utama

Widodo Widodo
Sunarto Sunarto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan program, (2) pelaksanaan program, (3) evaluasi program MGMP Matematika SMP di Home Base 8 Kecamatan Imogiri dan Dlingo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen dengan melibatkan ketua dan tiga orang pengurus MGMP Matematika Matematika SMP di Home Base 8 Kecamatan Imogiri dan Dlingo. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis model interaktif (Miles dan Huberman, 1994). Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) perencanaan MGMP Matematika SMP di Home Base 8 Kecamatan Imogiri dan Dlingo adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara menyusun analisis kebutuhan dan membuat rencana kegiatan yakni program rutin dan pengembangan (2) pelaksanaan program musyawarah guna mata pelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi pelaksanaan kegiatan, penyediaan sarana prasarana, narasumber yang memahami materi, pembiayaan kegiatan sesuai dengan sumber dana, pemberian motivasi, koordinasi, komunikasi yang baik yang dilakukan oleh Ketua MGMP Matematika SMP di Home Base 8 Kecamatan Imogiri dan Dlingo serta pembagian tugas sesuai dengan tugas pokoknya; (3) evaluasi program dilakukan dengan membuat laporan pertanggungjawaban yang disampaikan pada rapat anggota dan pengurus serta disampaikan kepada pemberi dana.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 2 (Oktober) 2019

Referensi

Arifin Z. (2013). Evaluasi pembelajaran prinsip teknik prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya

Depdiknas. (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas .

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2010). Revitalisasi dan pengembangan KKG/ MGMP. Jakarta: Kemendiknas

Fattah N. (2004). Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hasibuan M. (2007). Manajemen dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Miles & Huberman. (1994). Qualitative data analysis, a source book of New Methods. (Alih Bahasa Tjetjep Rohendi Rohadi). Jakarta: Universitas Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar isi.

Undang-UndangNomor 14 Tahun 2005 Tentang guru dan dosen.

Hamzah. 2012. Efektivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (Mgmp) Pendidikan Agama Islam (Pai) Smp Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kota Palopo. Tesis: UIN Alauddin Makassar.