Pengelolaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika SMP Kabupaten Bantul
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan program, (2) pelaksanaan program, (3) evaluasi program MGMP Matematika SMP di Home Base 8 Kecamatan Imogiri dan Dlingo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen dengan melibatkan ketua dan tiga orang pengurus MGMP Matematika Matematika SMP di Home Base 8 Kecamatan Imogiri dan Dlingo. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis model interaktif (Miles dan Huberman, 1994). Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) perencanaan MGMP Matematika SMP di Home Base 8 Kecamatan Imogiri dan Dlingo adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara menyusun analisis kebutuhan dan membuat rencana kegiatan yakni program rutin dan pengembangan (2) pelaksanaan program musyawarah guna mata pelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi pelaksanaan kegiatan, penyediaan sarana prasarana, narasumber yang memahami materi, pembiayaan kegiatan sesuai dengan sumber dana, pemberian motivasi, koordinasi, komunikasi yang baik yang dilakukan oleh Ketua MGMP Matematika SMP di Home Base 8 Kecamatan Imogiri dan Dlingo serta pembagian tugas sesuai dengan tugas pokoknya; (3) evaluasi program dilakukan dengan membuat laporan pertanggungjawaban yang disampaikan pada rapat anggota dan pengurus serta disampaikan kepada pemberi dana.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Arifin Z. (2013). Evaluasi pembelajaran prinsip teknik prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya
Depdiknas. (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas .
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2010). Revitalisasi dan pengembangan KKG/ MGMP. Jakarta: Kemendiknas
Fattah N. (2004). Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hasibuan M. (2007). Manajemen dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara
Miles & Huberman. (1994). Qualitative data analysis, a source book of New Methods. (Alih Bahasa Tjetjep Rohendi Rohadi). Jakarta: Universitas Indonesia
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar isi.
Undang-UndangNomor 14 Tahun 2005 Tentang guru dan dosen.
Hamzah. 2012. Efektivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (Mgmp) Pendidikan Agama Islam (Pai) Smp Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kota Palopo. Tesis: UIN Alauddin Makassar.