Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Secara Online Berbasis Zonasi, Prestasi dan Perpindahan

Isi Artikel Utama

Lambertus Pramudya Wardhana
Supriyoko Supriyoko

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran manajemen PPDB online dengan TIK berbasis zonasi, prestasi dan perpindahan di SMP Negeri Kabupaten Magelang; 2) mengetahui gambaran faktor pendukung dan penghambat dalam PPDB berbasis zonasi, prestasi dan perpindahan di SMP Negeri Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sedangkan analisis data melalui kegiatan reduksi data, penyajian data, verifikasi keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen PPDB online dengan TIK berbasis zonasi, prestasi dan perpindahan di SMP Negeri Kabupaten Magelang sudah terlaksana dengan baik meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi dengan melibatkan stakeholder yang terdiri dari pejabat dinas, panitia sekolah, orang tua dan calon siswa. Faktor Penghambat : 1) Regulasi yang memaksa daerah untuk mengikuti sistem zonasi.; 2) Pemahaman masyarakat yang kurang terkait regulasi zonasi; 3) Kualitas data dapodik yang masih perlu ditingkatkan; 4) Data siswa dari lulusan MI tidak langsung terintegrasi sistem sehingga harus ada input manual. Faktor Pendukung: 1) Dukungan penuh dari Kominfo terkait server, domain dan hosting; 2) Dukungan dari helpdesk yang siap mengatasi masalah; 3) Dukungan dari pengembang yang siap update sistem sesuai dengan regulasi yang ada.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 2 (Oktober) 2019

Referensi

Ardhi, M.I. 2015. Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Real Time Online Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 8, Nomor 1, Maret

Bawana, G. 2016. Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Online Di Sma Negeri 1 Karanganom Klaten. Tesis: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mutiarin, D., dan Wijayah, J.H. 2017. Evaluasi Penerapan Siap-Ppdb Online Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Vol. 21 No.2 Oktober: 83-99

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 51 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan. 2018.

Purwanti, D., Irawati, I., & Adiwisastra, J. 2017. Efektivitas Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Bagi Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan. Jurnal Administrasi Publik.

Wulandari, D. 2018. Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Di Smpn 1 Labuhan Ratu Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Naskah Publikasi: Universitas Lampung.