Manajemen Pendidikan Karakter Metode Montessori di Jogjakarta Montessori School
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter yang meliputi 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pengarahan dan pelaksanaan, 4) evaluasi dan pengendalian, 5) faktor pendukung serta 6) faktor penghambat di SD Montessori. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan manajemen pendidikan karakter pada kurikulum, pendidik, pembiayaan peserta didik, sarana dan prasarana, pembiayaan pendidikan; 2) pengorganisasian manajemen pendidikan karakter pada pelatihan guru baru, pengarahkan para guru, kesempatan bagi guru atau staf untuk berpartisipasi dalam memberikan sumbangan pikiran, mengikutsertakan yayasan, guru, staf dan komite sekolah dalam membuat perencanaan manajemen, memberikan nasehat dan arahan yang benar; 3) pelaksanaan manajemen pendidikan karakter sesuai dengan perencanaan dengan apparatus dan pendampingan dari guru; 4) evaluasi manajemen pendidikan karakter dengan melihat kemandirian dan keberanian, pembuatan project, berperilaku santun; 5) faktor pendukung meliputi kegiatan di luar sekolah bermasyarakat, kegiatan ektrakurikuler, peraturan untuk tidak memakai atribut keagamaan selama di sekolah, sarana dan prasarana sekolah, pendidik yang ramah dan perhatian, kegiatan sosial dan kerjasama dengan sekolah lain; 6) faktor penghambat pendidikan karakter pada Jogjakarta Montessori School yaitu kurangnya kerjasama orang tua siswa dalam menanamkan nilai kedisiplinan, tanggungjawab, menghargai prestasi, dan rasa ingin tahu.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter. Jakarta, Indonesia: Badan Penelitian Dan PengembanganPusat Kurikulum Dan Perbukuan
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa - bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa.Jakarta, Indonesia: Kementrian Pendidikan Nasional.
Majid, A., & Andayani, D. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Montessori, M. (2015). Metode Montessori panduan wajib untuk guru dan orang tua didik PAUD (pendidikan anak usia dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rica, L.P., & Priyantoro, D.E. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter Aud. Darul Ilmi Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 No 1 Juni.
Rosida, A. (2017). Kebijakan pendidikan berdasarkan prinsip montessori dengan pendidikan islam di Safa Islamic Preschool Yogyakarta
Salim, A. 2015. Manajemen Pendidikan Karakter Di Madrasah (Sebuah Konsep Dan Penerapannya). Tarbawi Volume 1. No. 02, Juli – Desember
Sudibyo, P. 2015. Manajemen Pendidikan Karakter Di Taman Kanak-Kanak Bias Palagan Yogyakarta. Jurnal El-Tarbawi, Volume VIII No.2.
Sugiyono.(2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003TentangSistem Pendidikan Nasional