Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Total Quality Manajemen (TQM) dalam meningkatkan mutu Sekolah2) Prestasi akademik dan non akademik, 3) Kendala-kendala yang dihadapi kepalaSekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian meliputi Kepala Sekolah, guru, karyawan, dan siswa.Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diupayakan melalui kredibilitas, transfer mabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas yang diperoleh (1) MengimplementasikanTotal Quality Manajemen (TQM) dalam meningkatkan mutu Sekolah yang meliputi: Implementasi pengelolaan proses belajar mengajar, Implementasi pengelolaan kurikulum, Implementasi pengelolaan ketenagaan, , Implementasi pengelolaan siswa, Implementas ipengelolaan hubungan Sekolah dan masyarakat, dan Implementasi pengelolaan iklim Sekolah (2) Prestasi akademik dan non akademik yakni: Secara akademik prestasi yang dicapai sangat bagus dimana dalam kurun waktu lima tahun terakhir tingkat kelulusan siswa sangat baik, dan secara non akademik, berusaha dengan prestasi. Di antara prestasi non akademik yang telah diperoleh (3) Kendala-kendala yang dihadapi kepala Sekolah yang terkait dengan Implementasi Total Quality Manajemen (TQM) kepala Sekolah SMA Maraqitta’limat dalam Meningkatkan Mutu Sekolah(4) dampak yang telah di rasakan terkait dengan Mengimplementasi Total Quality Manajemen (TQM).
Keywords
References
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Edward, Sallis. (2010). Total Quality Management In Education (Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan) Terjemahan Ahmad Ali Riyadi dkk, Yogyakarta: IRCis.
Gojali & Umiarso. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah di Era Otonomi Pedidikan: Jogjakarta: IRCiSoD
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.
Kurniawati, Imas dan Sani, Berlin, 2014, Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan, Surabaya: Kata Pena.
Mulyasa, E .(2002). Manajemen Berbasis sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Suharsimi & Yuliana. 2016. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Cendikia bekerjasama dengan Pujangga Press
Tatang, S. 2015. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Williams, C. (2002). Management 4th Edition. Vancouver: Thomson– Southwestern.
Article Statistic
Abstract view : 30 timesPDF views : 17 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.