Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) manajemen boarding school ditinjau dari: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan; (2) strategi yang ditempuh dalam meningkatkan mutu melalui program boarding school; dan (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen boarding school dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(field research) yang mengambil latar di MAN 1 Yogyakarta dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kebsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teori Matthew Miles dan Michael Hubberman dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, implementasi manajemen boarding school di MAN 1 Yogyakarta meliputi (a) perencanaan dilakukan dengan baik seperti pengadministrasian dan penyusunan kegiatan; (b) pengorganisasian boarding school dibawah naungan MAN 1 Yogyakarta dengan struktur terpisah dan sudah mempunyai tugas sesuai surat keputusan kepala madrasah; (c) pelaksanaan sudah dilakukan dengan baik dan berjalan lancar; (d) pengawasan dilakukan secara integritas dan terpadu oleh seluruh komponen sekolah. Kedua, strategi manajemen boarding school dalam meningkatan mutu pendidikan meliputi input, proses dan output. Program Keagamaan mempunyai input yang sudah tersaring melalui seleksi nasional. Untuk kesetaraan pengetahuan dilakukan program i’dadiyah selama 4 bulan. Dan output yang diharapkan setiap siswa hafal minimal 10 juz Al-Qur’an. Ketiga, faktor pendukung meliputi : kesamaan visi misi, guru yang kompeten, sarana dan prasarana yang mendukung, minat siswa, lokasi madrasah yang strategis. Faktor penghambatnya dari prosedur pencairan dana yang sedikit lambat.
Kata kunci : manajemen, boarding school, mutu pendidikan
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).