Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah

Isi Artikel Utama

Muhammad Nasir Pambudi
Samidjo Samidjo

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) manajemen boarding school ditinjau dari: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan; (2) strategi yang ditempuh dalam meningkatkan mutu melalui program boarding school; dan (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen boarding school dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(field research) yang mengambil latar di MAN 1 Yogyakarta dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kebsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teori Matthew Miles dan Michael Hubberman dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, implementasi manajemen boarding school di MAN 1 Yogyakarta meliputi (a) perencanaan dilakukan dengan baik seperti pengadministrasian dan penyusunan kegiatan; (b)  pengorganisasian boarding school dibawah naungan MAN 1 Yogyakarta dengan struktur terpisah dan sudah mempunyai tugas sesuai surat keputusan kepala madrasah; (c) pelaksanaan sudah dilakukan dengan baik dan berjalan lancar; (d) pengawasan dilakukan secara integritas dan terpadu oleh seluruh komponen sekolah. Kedua, strategi manajemen boarding school dalam meningkatan mutu pendidikan meliputi input, proses dan output. Program Keagamaan mempunyai input yang sudah tersaring melalui seleksi nasional. Untuk kesetaraan pengetahuan dilakukan program i’dadiyah selama 4 bulan. Dan output yang diharapkan setiap siswa hafal minimal 10 juz Al-Qur’an. Ketiga, faktor pendukung meliputi : kesamaan visi misi, guru yang kompeten, sarana dan prasarana yang mendukung, minat siswa, lokasi madrasah yang strategis. Faktor penghambatnya dari prosedur pencairan dana yang sedikit lambat.

Kata kunci : manajemen, boarding school, mutu pendidikan

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 1 (Juni) 2019