Manajemen Kurikulum dalam Konteks Pelestarian Kearifan Lokal

Yosinta Lande(1*)
(1) Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan UST
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v3i3.6500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Manajemen kurikulum (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi) pada mata pelajaran Muatan Lokal di SD Negeri Apui dalam upaya melestarikan kearifan lokal, 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat, 3) dan efektivitas manajemen kurikulum pada mata pelajaran Muatan Lokal di SD Negeri Apui dalam upaya melestarikan kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kurikulum muatan lokal dalam upaya pelestarian kearifan lokal di SD Negeri Apui telah berjalan dengan baik. 2) Faktor-faktor pendukung sangat mendukung keberhasilan manajemen kurikulum muatan lokal dalam upaya pelestarian kearifan lokal di SD Negeri Apui. Faktor-faktor penghambat tidak menghambat atau tidak mempengaruhi manajemen kurikulum muatan lokal di SD Negeri Apui. 3) Manajemen kurikulum muatan lokal di SD Negeri Apui sangat efektif dalam melestarikan kearifan lokal.

Keywords


manajemen kurikulum, pelestarian kearifan lokal

References


Adirestuty, F. (2017). Pengaruh self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal wahana pendidikan, 4, 54-67.

Aditya, Y.A. (2013). Nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Cigugur-Kuningan dalam pelestarian lingkungan hidup sebagai sumber belajar Geografi. Jurnal Geografi Gea, 13(2).

Afiqoh, N., Atmaja, H.T., & Saraswati, U. (2018). Penanaman nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah pokok bahasan perkembangan Islam di Indonesia pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pamotan tahun ajaran 2017/2018. Indonesian journal of history education, 6, 42-53.

Ansyar, M. (2017). Kurikulum (hakikat, fondasi, desain dan pengembangan). Jakarta: Kencana.

Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik kriminal 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Daryanto dan Suprihatin, A. (2013). Pengantar pendidikan lingkungan hidup. Yogyakarta: Gava Media.

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Sosio didaktika, 1, 123-130 .

Hardati, P. (2015). Pendidikan konservasi. Semarang: Magnum Pustaka Media.

Husaini, H., & Hidayat, H. (2019). Manajemen Kurikulum Pendidikan Dayah Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Gayo di Pesantren Semayoen Nusantara Kabupaten Bener. Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 3(1), 1-15.

Katubi. (2011). Bahasa, kebudayaan material, dan tradisi lisan: Studi etnolinguistik orang kui di alor nusa tenggara timur. Jakarta: LIPI.

Kemendikbud. (2016). Pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan. Jakarta: Setjen, Kemendikbud.

Nisa, A.F. (2017). Implementasi Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal Di SD Negeri Jarakan Panggungharjo Sewon Bantul. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1).

Rusman. (2018). Manajemen kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuntitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini. (2009). Kajian kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta yang diselenggarakan pada 16 Mei 2009.

Sularso, P., & Maria, Y. (2017). Upaya pelestarian kearifan lokal melalui ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 1 Jiwan tahun 2016. Jurnal pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, Volume 5, 1-12.

Tilaar, H.A.R., & Nugroho, R. (2016). Kebijakan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: bumi Aksara.

Usman, H. (2014). Manajemen (teori, praktik, dan riset pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wuryandani, W. (2010). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran untuk menanamkan nasionalisme di sekolah dasar. In Proceding seminar nasional lembaga penelitian UNY (pp. 1-10).


Article Statistic

Abstract view : 85 times
PDF views : 76 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.