Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Menciptakan Sekolah Efektif

Main Article Content

Kristiana Sutarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: 1) Kompetensi manajerial kepala sekolah mengenai: perencanaan,  pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian sehingga tercipta sekolah efektif di SD Pius Pekalongan, 2) efektivitas kompetensi manajerial kepala sekolah dalam menciptakan sekolah efektif di SD Pius Pekalongan, 3) faktor pendukung dan penghambat dalam menciptakan sekolah efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah dan ketua yayasan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: 1) Penerapan kompetensi manajerial kepala SD Pius Kota Pekalongan  dalam menciptakan sekolah efektif yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian berjalan dengan baik. 2) Kompetensi manajerial kepala sekolah dapat menciptakan SD Pius Kota Pekalongan menjadi sekolah efektif. 3) Faktor pendukungnya sangat mendukung dalam menciptakan sekolah efektif, sedangkan faktor penghambat tidak berpengaruh dalam menciptakan SD Pius Kota Pekalongan menjadi sekolah efektif.

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021

References

Bahri, S. (2010). Optimalisasi kinerja kepala sekolah. Jakarta: Gibon Books

Banani, M. T. (2017). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi guru dalam mewujudkan efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan universitas Garut, i11, 67-76

Indris, R., Lestari, E. (2017). Pengaruh pengorganisasian terhadap peningkatan mutu pendidikan di SD Inpres Bengkala II Kota Bengkulu. Lentera Pendidikan , 20, 18-30

Karwati, E., Priansa, D. J, (2013). Kinerja dan profesionalisme kepala sekolah, membangun sekolah bermutu. Bandung: Alfabeta.

Martina. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan kabupaten Oki. Jurnal PAI Raden Fatah, 1, 164-180

Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Rosdakarya

Rosyadi, Y. I. (2015). Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan, 3, 124-133

Sugiyono. (2016).Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Supardi. (2013) Sekolah efektif konsep dasar dan prakteknya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wibowo. (2016). Manajemen kinerja Jakarta: Rajawali Pers

Lexy J.Moleong. (2014). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Rosdakarya