Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Swasta Yogyakarta

Isi Artikel Utama

Siti Chotimah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi siswa terhadap kegiatan belajar mengajar, kemandirian belajar dan penyesuaian  diri disekolah terhadap hasil belajar siswa pada SMK swasta di kota Yogyakarta yang hasilnya digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan manajemen kesiswaan khususnya pada bimbingan dan penyuluhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan populasi siswa SMK sejumlah 198 siswa dan sampel sejumlah 132 siswa. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan persepsi siswa terhadap kegiatan belajar mengajar kemandirian belajar dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar dimana R square 0.523. Hasil perbandingan bobot prediktor diperoleh hasil untuk variabel persepsi siswa terhadap kegiatan belajar (X1) sebesar 0,329 bobot sumbangan efektifnya sebesar 20,13, sumbangan relatif sebesar 38,68%, variabel kemandirian belajar (X2) sebesar 0,443  bobot sumbangan efektifnya 29,33 dan sumbangan relatif 56,08% dan variabel penyesuaian diri (X3) sebesar -0,177 bobot sumbangan efektifnya 2,44 dan sumbangan relatif 4,67%.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 3 (Februari) 2020

Referensi

Daeng Daeda (2006) Faktor-Faktor yang berpengaruh terhadap prestasi Belajar Siswa SMA Bantul, Yogyakarta: Pascasarjana UNY

Danuri. (1990). Laporan Hubungan antara Tingkat Penerimaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling dengan Prestasi Belajar Siswa pada SMA di Jateng dan DIY. Yogyakarta: PPP IKIP Yogyakarta.

Fahmi Mustofa. (1982). Penyesuaian Diri tentang Pengertian dan Peranannya dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Bulan Bintang.

Muhibbin Syah. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Romi Satrio Wahono. (2017). Smart Teacher: Membangun Komunitas Media Pembelajaran Interaktif. www.detiknet.com

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono (2014). Statistik untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA