Manajemen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa

Isi Artikel Utama

Putranta Nugraha
Mundilarno Mundilarno

Abstrak

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mempunyai peran dan fungsi strategis dalam pembentukan warga negara yang baik dan handal, tetapi masih ditemukan siswa SMA yang tidak taat aturan sekolah, tidak disiplin, mencontek bahkan terlambat mengumpulkan tugas. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah manajemen Pendidikan PPKn, faktor pendukung dan penghambat pengembangan karakter taqwa, jujur, disiplin, dan tanggung jawab siswa SMA BOPKRI Banguntapan Bantul. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan analisa data dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Pendidikan PPKn untuk pengembangan karakter siswa cukup baik, terlihat pada : (1) perencanaan strategi pengajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk pengembangan karakter telah disusun oleh guru bersama Kepala Sekolah, (2) RPP pengembangan karakter lengkap, (3) pelaksanaan belajar mengajar sesuai dengan RPP dan langkah pembelajaran yang disusun : awal, inti, penutup dengan cukup baik, (4) penilaian pengembangan karakter siswa belum menggunakan instrument sikap, karena penilaian lebih ditekankan pada aspek kognitif, (5) Pengawasan pelaksanaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurang efektif, (6) faktor pendukung pelaksanaan adalah sumber daya manusia, prasarana dan sarana (7) faktor penghambat berupa media dan waktu untuk pembelajaran karakter, (8) karakter taqwa, jujur, disiplin dan tanggung jawab siswa, cukup baik.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 3 (Februari) 2020

Referensi

Agustinus Hermino. 2014. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Bandung: Alfabeta.

Fattah Nanang. 2013. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

I Wayan Kertih. 2015. Perangkat Pembelajaran PPKn Perencanaan dan Pengembangan. Yogyakarta: Media Akademi.

Muchlas Samani & Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.