Peningkatan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Model Discovery Learning

Isi Artikel Utama

Sri Wuryani Budi Astuti

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui dan mendiskripsikan apakah dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Power Ponit dapat miningkatkan sikap disiplin siswa pada mata pelajaran IPA materi Klasifikasi Mahluk Hidup. (2) Mengetahui dan mendiskripsikan apakah dengan model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi Klasifikasi Mahluk Hidup. (3) Untuk meningkatkan sikap disiplin dan hasil belajar IPA materi Klasifikasi Mahluk Hidup melalui pembelajaran Discovery Learning. (4) Untuk meningkatkan sikap disiplin dan hasil belajar IPA materi Klasifikasi Mahluk Hidup melalui pembelajaran Discovery Learning berbantuan Power Points. Penelitian tindakan kelas ini mengambil setting di kelas VII-D SMP Negeri 27 Semarang dengan jumlah subyek 32 siswa. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan siswa selama berlangsungnya pembelajaran di kelas, dan analisis kuantitatif yang digunakan terhadap hasil tes belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu: (1) Pembelajaran IPA materi Ciri-ciri Mahluk Hidup melalui kegiatan discovery learning dapat meningkatkan sikap disiplin siswa dari kondisi awal ke siklus I sebesar 1,86%. (2) Melalui kegiatan pembelajaran IPA materi Ciri-ciri Mahluk Hidup menggunakan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar kondisi awal ke siklus I sebesar 3,37. (3) Pembelajaran IPA materi Ciri-ciri Mahluk Hidup melalui kegiatan discovery learning berbantuan power point dapat meningkatkan sikap disiplin siswa  dari kondisi awal ke siklus II sebesar 16,25%. (4) Melalui kegiatan pembelajaran IPA materi Ciri-ciri Mahluk Hidup menggunakan discovery learning berbantuan power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kondisi awal ke siklus II sebesar 9,59.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 3 (Februari) 2020

Referensi

Astuti, Yulia Widiya (2019) “Pengembangan Media Powerpoint (PPT) Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMAN 4 Palembangâ€. Skripsi. Palembang: Univ. Muhammadiyah Palembang. repository.umpalembang.ac.id/id/.../342014143_BAB%20I_DAFTAR_PUSTAKA.p.

Dimyati dan Mudjiono. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, Malayu S. P. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Pongtuluran, Aris. (2000). Student Centered Learning: The Urgency and. Possibilities. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Prasetyana, Septina Dwi, Sajidan dan Maridi, (2015). “Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learningyang Diintegrasikan Dengan Group Investigationpada Materi Protistakelas X SMA Negeri Karangpandanâ€. JURNAL INKUIRI ISSN: 2252-7893, Vol 4, No. 2, 2015 (hal 135-148) http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains.

Rustaman. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana, Nana. (2000). Dasar-dasar Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Sudrajat, Akhmad. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.