Manajemen Pembelajaran Alam Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik

Isi Artikel Utama

Ronaldi Ronaldi
Supriyoko Supriyoko

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran alamiah di Sanggar Anak Alam dalam upaya meningkatkan kemandirian peserta didik yang meliputi; (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) evaluasi hasil belajar (d) solusi yang dibuat oleh guru dalam upaya meningkatkan kemandirian peserta didik dan (e) hasil penelitian yang diperoleh oleh Sanggar Anak Alam. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif-deskriptif dan alasan memilih untuk belajar di Sanggar Anaka Alam, karena manajemen pembelajaran yang ada di Sanggar Anak Alam sangat unik dan berbeda dengan pembelajaran di sekolah pada umumnya. Dengan pengelolaan pembelajaran alami adalah dalam upaya meningkatkan kemandirian peserta didik dan memiliki kesadaran terhadap lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) perencanaan pembelajaran di SALAM telah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan pemecahan masalah, (b) pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemandirian siswa dilakukan dengan baik, (c) evaluasi tentang hasil pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana, d) solusi yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemandirian peserta didik dilakukan dengan melibatkan semua pihak, antara lain; guru, orang tua dan siswa, (e) hasil yang diperoleh adalah meningkatkan kemandirian peserta didik sehingga dapat menciptakan peserta didik yang mandiri, peduli dan percaya diri.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 3 (Februari) 2020

Referensi

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Anonymus, Managemen Madrasah Aliyah, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam: 1998.

Sugiyono ,Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung, Alfabeta, 2014) cet ke 20

Efrita Djuwita (2010) Kelebihan Sekolah Alam. Diakses dari http://www.slideshare.net/firdausibnu/metode-pembelajaran-efektif-psekola. Pada tanggal 14 Agustus 2015 pukul 15.45

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cet.1 (Jakarta: Ciputat Press, 2005), h. 156

H.M. Sulthon, Moh. Khusnuridlo, Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspekftif Global, (Yogyakarta:PRESSindo, 2006), h.272.

Gea, Antonius Atosakhi, dkk. 2003. Character Building 1 Relasi dengan Diri Sendiri (edisi revisi). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), hal. 2.

Winkel, W.S dan M.M Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Fattah, Nanang. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya