Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Pada Sekolah Dasar di Daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (3T)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, perencanaan program supervise akademik belum optimal, dimana masih ada kendala yg dihadapi oleh pengawas sekolah yaitu hanya mengadalkan buku pedomaan yg diberikan dari dinas pendidikan kabupaten, dengan tidak mendapat literature tambahan, selanjutnya tidak dibuatnya jadwal kegiatan sehingga supervise tidak terarah, selanjutnya kurangnya koordinasi antara pengawas sekolah dan kepalah sekolah binaan. Kedua, dalam pelaksanaan supervisi akademik secara keseluruhan berjalan dengan optimal namun dari segi frekuensi kunjungan belum berjalan maksimal karena ada beberapa sekolah yang sulit dijangkau oleh pengawas dengan alasan akses transportasi yang sangat sulit untuk dilewati serta jarak tempuh yang sangat jauh dari sekolah binaan lainnya. Ketiga, orientasi perilaku supervisi yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi yaitu direktif. Pengawas mendatangi sekolah-sekolah binaan dan melakukan supervisi pembelajaran. Keempat, hambatatan dalam pelaksanaan supervisi akademik meliputi: (a) kondisi topografis yang menyebabkan sulitnya pengawas menjangkau sekolah-sekolah binaan. (b) kurangnya sarana transportasi yang menunjang pelaksanaan kegiatan supervise.. Berdasarkan kesimpulan, peneliti menyarankan bahwa perencanaan program supervisi akademik perlu memperhatikan faktor topografis, serta sarana penunjang pelaksanaa supervisi. Hal tersebut sangat sangat penting agar pelaksanaan supervise akademik di wilayah binaan enam Kecamatan Kota Komba, Kambupaten Manggarai Timur berjalan efektif.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Jogjakarta: Gava Media
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008 Metode dan Teknik Supervisi.
Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku. Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
Moleong, J Lexy, Prof. Dr. 2009, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.
Ngalim Purwanto. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan pemerintah Nomor 19 tahun 2005. Sistem Pendidikan Nasional
Sudjana, Nana. 2012. Supervisi Pendidikan Konsep dan Aplikasinya bagi. Pengawas Sekolah. Jakarta: Binamitra Publishing.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta