Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru, dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru

Isi Artikel Utama

Robertus Marianus Narung

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah, etos kerja guru, dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Ukuran populasi 117 orang guru dan ukuran sampel adalah 90 responden yang diambil dengan teknik incidental sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran angket. Analisis data meliputi statistik deskriptif, regresi ganda, simultan, koefisien determinasi, korelasi parsial, sumbangan efektif, dan sumbangan relatif. Koefisien determinasi sebesar 77,9%. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, etos kerja guru, dan kompetensi pedagogik berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif yang tidak signifikan terhadap kinerja guru. Etos kerja guru dan kompetensi pedagogik masing-masing berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru. Sumbangan efektif kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 4,3%, sumbangan efektif etos kerja guru terhadap kinerja sebesar 31%, dan sumbangan efektif kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru sebesar 42,6%.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 3 (Februari) 2020

Referensi

Basuki, Calvin. (25 November 2016). Mendikbud Singgung Masalah Peningkatan Profesionalisme Guru. antarnews.com

Irwantoro, Nur & Suryana Yusuf. (2016). Kompetensi Pedagogik. Jakarta: Magenta Media

Jati, Agung Nugroho. (2012). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Peran Ekstra Guru di Sekolah. Kiat

Bisnis. Volume 5 Nomor 1 Desember 2012. Diambil pada tanggal 28 Desember 2017 dari http://download.portalgaruda.org/article.php

Kinerja Guru Rendah. (7 Oktober 2009). nasional.kompas.com

Kuswaeri, Iwa. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Tarbawi. Volume 2 Nomor 02. Juli-Desember 2016 Diambi pada tanggal

Desember 2017 dari http://google.scholar.go.ig/ejournal.html.

Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pongoh, Sophia. (2013). Etos Kerja Guru. Surabaya: CV R.A.De Rozarie.

Riduwan. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Widodo, Joko. (2008). Kepemimpinan Pendidikan Transsaksional dan Transformasional di SMK Non Teknik. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Volume 3 Nomor 1 Februari 2008. Diambil pada tanggal 14 Desember 2017 dari http://google.scholar.co.id/scholar.html.

Yunus, Syarifudin. (24 November 2017). Mengkritisi Kompetensi Guru. news.detik.com

Zahera. (1998). Pembinaan yang Dilakukan Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru-Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 5, Nomor 2.

www.spssindonesia.com diunduh Senin, 9 April 2018