Penerapan Manajemen Program Kelas Bilingual Cambridge Primary Curriculum Framework

Isi Artikel Utama

Dewi Paramita Sari

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan manajemen kelas bilingual dengan CPCF di SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, untuk mengumpulkan data dilakukan studi dokumen,wawancara, dan observasi pada lembaga yang bersangkutan (SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta). Penulis melakukan wawancara dengan beberapa orang yang terkait dalam penyelenggaraan program bilingual terdiri dari pimpinan sekolah yakni kepala sekolah, koordinator bidang program bilingual, dan wali kelas bilingual. Observasi kelas bilingual mencakup aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen program kelas bilingual menggunakan model kurikulum Cambridge dapat meningkatkan mutu pendidikan di SD  Islam Al Azhar 31 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program yang dilakukan oleh Kepala sekolah beserta seluruh jajarannya. Program Bilingual dengan kurikulum Cambridge mendapat apresiasi yang baik dari sekolah, wali murid, murid, dan masyarakat. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Program Bilingual dengan kurikulum Cambridge tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan awal antara pengelola dan pemimpin sekolah, pengembangan program, pelaksanaan perencanaan, serta evaluasi yang berjalan secara sistematis dan berkesinambungan

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 3 (Februari) 2020

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Bafadhal, Ibrahim. 2006. Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak. Jakarta :Bumi Aksara

Ekosusilo, Madyo. 2003. Hasil Penelitian Kualitatif Sekolah Unggul Berbasis Nilai. Sukoharjo: Univet Batara Press

Harts, Imron Wakhid. 2010. Model Pengajaran Bilingual pada Anak Usia Dini. Bangkalan :Universitas Trunojoyo

Putu, Luh Artini.2014. Bilingualisme dan Pendidikan Bilingual.Yogyakarta:

Graha Ilmu

Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non-formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), Bandung: Alfabeta, CV

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta