Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMP Sesuai Zonasi

Isi Artikel Utama

I Kadek Martha Praoga

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) di sekolah dan proses penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online sesuai Zonasi di sekolah Kabupaten Kulon Progo, mulai dari kebijakan yang diterapkan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) yang digunakan, hingga faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Wates dan SMP Negeri 3 Wates. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Proses wawancara dilakukan dengan Kepala Sekolah dan Tim Panitia PPDB di masing-masing sekolah sebagai narasumber. Hasil Penelitian yang telah dilakukan, bahwa kebijakan yang ditetap oleh pemertintah adalah sistem zonasi, Kepala Sekolah dan tim panitia PPDB telah cukup memahami kebijakan. Lalu untuk perencanaan dan pelaksanaan penyelenggaraan PPDB di kedua sekolah sama, tidak ada yang berbeda. Kemudian untuk SIMDIK ada perbedaan di kedua sekolah, yaitu di SMP Negeri 2 Wates tidak menggunakan media informasi pendukung, sedangkan di SMP Negeri 3 Wates menggunakan media pendukung berupa brosur. Untuk faktor pendukung, dengan adanya sistem zonasi, anak-anak disarakan untuk bersekolah dekat dengan tempat tinggalnya, sehingga mempermudah pengawasan orang tua. Lalu untuk faktor penghambat, masyarakat masih menghitung jarat bedasarkan pemahamannya sendiri.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 3 (Februari) 2020

Referensi

Imron, Ali. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. (2013). Ki Hadjar Dewantara; Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Permendikbud No. 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanan (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Mengeah Atas (SMA), Sekolah Mengeah Kejuruan (SMK), atau bentuk yang lainnya yang sederajat.

Ramdhani, A. & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik Vol. 11 No. 01, Hal. 3.

Rochaety, E., Rahayuningsih, P., & Yanti, P.G. (2005). Sistem Informasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sa’ud, Udin Syaefudin. (2005). Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarmi, Mamiek. (14 Juli 2017). Disdikpora: data zonasi PPDB kecamatan tidak cermat. Diambil pada tanggal 5 Desember 2017, dari https://jogja.antaranews.com/berita/347475/disdikpora-data-zonasi-ppdb-kecamatan-tidak-cermat