Strategi Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Melalui Analisis SWOT

Isi Artikel Utama

Gracia Kristi Maharani

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi internal dan kondisi eksternal serta strategi manajemen perpustakaan dalam meningatkan minat baca di SD Kanisius Jomegatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman serta menggunakan analisis SWOT. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi internal manajemen perpustakaan terdiri dari visi-misi, struktur organisasi, SDM, sarpras, faktor ekonomi layanan perpustakaan, program sekolah. Kondisi eksternal manajemen perpustakaan terdiri dari perkembangan teknologi informasi, faktor ekonomi, dan SDM. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan minat baca adalah pengembangan program baru melibatkan SDM, memperbaiki program literasi, kerjasama seluruh elemen SDM dengan komitmen bersama.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 3 (Februari) 2020

Referensi

Arikunto, Suharsimi (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Agus. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bafadal, Ibrahim. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: Grasindo.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hs, Lasa. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Ihsan, Ali Nur. 2016. Penerapan Analisis SWOT Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Program Plus Di SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/23446/ diakses pada 7 Desember 2017.

Kamus Besar Bahasa Indonesia online.

Maryani, Sri. (2013). Strategi Pengembangan Perpustakaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten. Banten: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jpp/article/view/2359 diakses pada 12 Januari 2017.

Purnama, Achid Setia Adhi & Prajoko, Yusia Sri. Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Dengan Menggunakan Analisa SWOT. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. https://www.academia.edu/24234849/STRATEGI_PENINGKATAN_MUTU_SEKOLAH_DENGAN_MENGGUNAKAN_ANALISA_SWOT diakses pada 7 Desember 2017.

Rangkuti, Freddy. (2017). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT. Gramedia.

Renitasari, Silvia. (2016). Strategi Peningkatan Minat Baca Masyarakat Dengan Menggunakan Analisis SWOT. Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rochaety, Eti, dkk. 2015. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Sangadji, E. & Sopiah. (2010). Metodologi penelitian- pendekatan praktis dalam penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Subianto, Arie. 2016. Analisis SWOT Tentang Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Pasien Di Klinik Bunda. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan luantitatif, kualitatif, dan RD). Bandung: Alfabeta.

Sujoko, Edi. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Analisis SWOT Di Sekolah Menengah Pertama. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Taniredja, T. (2011). Penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Basuki. (2017). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyati, Ratna Kartika. 2017. Analisis SWOT Digital Library STIKOM Bali. Bali: STIKOM Bali. knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/download/141/137