Pengembangan Modul Pelatihan untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pelatihan

Isi Artikel Utama

Sumini Notodiharjo
Supriyoko Supriyoko

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan modul, kualitas pengembangan modul ditinjau dari aspek isi, bahasa, penyajian, grafika dan instruksional serta keefektifan modul ditinjau dari penilaian unjuk kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilaksanakan di UPT balai latihan kerja kab. Boyolali. Subyek ujicoba dalam penelitian ini adalah 3 instruktur dan 36 peserta pelatihan kejuruan garmen apparel. Instrumen ujicoba berupa lembar validasi untuk ahli serta lembar kuesioner untuk respon instruktur dan siswa. Analisis data menggunakan tehnik deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa produk modul pelatihan yang terdiri dari buku informasi, buku kerja dan buku penilaian yang telah diuji kualitasnya oleh para ahli serta penilaian respon dari instruktur dan siswa secara keseluruhan dinilai sangat baik.

Kata kunci : pelatihan kerja, pengembangan modul

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 1 (Juni) 2019