Pengembangan Modul Pelatihan untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pelatihan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan modul, kualitas pengembangan modul ditinjau dari aspek isi, bahasa, penyajian, grafika dan instruksional serta keefektifan modul ditinjau dari penilaian unjuk kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilaksanakan di UPT balai latihan kerja kab. Boyolali. Subyek ujicoba dalam penelitian ini adalah 3 instruktur dan 36 peserta pelatihan kejuruan garmen apparel. Instrumen ujicoba berupa lembar validasi untuk ahli serta lembar kuesioner untuk respon instruktur dan siswa. Analisis data menggunakan tehnik deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa produk modul pelatihan yang terdiri dari buku informasi, buku kerja dan buku penilaian yang telah diuji kualitasnya oleh para ahli serta penilaian respon dari instruktur dan siswa secara keseluruhan dinilai sangat baik.
Kata kunci : pelatihan kerja, pengembangan modul
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).