Manajemen Childrens Forest Program Dalam Konteks Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Pakem Yogyakarta

Isi Artikel Utama

Sumarah Sumarah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Manajemen Childrens Forest Program dalam pendidikan karakter meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Mendiskripsikan hambatan yang dihadapi dan upaya-upaya mengatasi hambatan-hambatan yang ada dalam Childrens Forest Program Manajemen Program dalam Konteks Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah, Pakem, Pakembinangun, Pakem Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di SD Muhammadiyah Pakem. Sumber data didapat melalui dua sumber yaitu lapangan dan dokumen. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru koordinator Childrens Forest Program, Siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum Manajemen Childrens Forest Program berjalan efektif dan efisien dalam penguatan pendidikan karakter. Hal ini dapat diketahui dari perencanaan kegiatan dibuat program tahunan. Pelaksanaannnya meliputi kegiatan penanaman dan perawatan pohon, penanaman lahan sempit untuk tanamanan apotik hidup, Pembuatan kerajinan sampah, Pembuatan pupuk kompos. Mengikuti  green wave. Mewakili OISCA Indonesia ke Jepang. Pembuatan hutan mini sekolah. Evaluasi dilakukan melalui evaluasi internal Sekolah dan Ekstrenal dari OISCA. Hambatan yang dihadapi adalah Lahan,SDM. Upaya untuk mengatasi hambatan  yaitu dengan kerjasama dengan pemerintah Desa, melaksanakan in house training.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 3 (Februari) 2020

Referensi

Andri Kurniawan, Isnaini Sadali,2015.Keistimewaan Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta, Gadjah Mada Universy Press.

Kementrianpendidikan nasional. 2011. Paduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Badan penelitian dan Pengembangan pusat kurikulum dan perbukuan

Muslich, Masnur. 2015. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pusdiklat alumi OISCA ,2004. Panduan Childrens Forest Program. Sukabumi,Penerbit Pusdiklat OISCA.

Suharsimi, Arikunto, Lia Yuliana, 2015, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta :PT. Aditya Media.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

WF, Lies Rahayu; Hermawan, M. Taufik Tri; Wianti, Kristiani Fajar. 2003. Evaluasi Model Pendidikan Hutan dan Lingkungan bagi Anak Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Wibowo, Agus. 2006. Menejemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

PP No 87 th.2017 Tenyang pendidikan Penguatan Karakter .