Implementasi Trilogi Kepemimpinan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Di SDN 2 Sanden Bantul Yogyakarta

Daru Tri Anggoro(1*)
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/mmp.v2i3.6825

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD N 2 Sanden bertujuan mendeskripsikan Implementasi Trilogi Kepemimpinan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan formal yang fokus; (1) untuk mengetahui penerapan trilogi kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SD N 2 Sanden,(2) untuk mengetahui kendala dan upaya penerapan kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SD N 2 Sanden. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskreptif dengan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data dengan langkah-langkah, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan; 1) Penerapan Trilogi Kepemimpinan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SD N 2 Sanden menerapkan sistem among sebagai sistem pendidikan yang didasarkan asas kemerdekan dan kodrat alam yang dikembangkan menjadi lima asas pokok disebut Pancadarma Taman Siswa meliputi asas kemerdekaan atau kebebasan, asas kodrat alam, asas kebudayaan, asas kebangsaaan dan asas kemanusiaan; 2) Hambatan yang ditemui dalam penerapannya terdapat dua faktor, diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal, meliputi pendidik atau guru, Sarana dan prasarana yang disediakan sekolah, dan kemampuan siswa: 3) Upaya mengatasinya dengan mengembangkan sumber daya manusia dalam pembinaan, diklat pendidikan, danĀ  mengoptimalkan peran wali murid.

Keywords


implementasi, trilogi kepemimpinan, pendidikan Ki Hadjar Dewantara,

References


Bambang Sukawati Dewantara. (1964). Asas-asas dan Dasar-dasar Taman Siswa. Yogyakarta:

MLTS

Miftah Thoha, (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Purwato, N, M. (1938) Ilmu pendidikan. teoritis dan praktis. CV Remaja Karya: Bandung.

Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non-formal dan

Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), Bandung:

Alfabeta, CV

Soeratman, P. (1985). Ki Hadjar Dewantara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,

Proyek Pembinaan Pendidikan Dasar.

Sri Sugiharti. (2013) Paper Tentang Ajaran Ki Hadjar Dewantara. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta.

Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Wahjosumidjo 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta


Article Statistic

Abstract view : 266 times
PDF views : 1351 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.