Implementasi Trilogi Kepemimpinan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Di SDN 2 Sanden Bantul Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD N 2 Sanden bertujuan mendeskripsikan Implementasi Trilogi Kepemimpinan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan formal yang fokus; (1) untuk mengetahui penerapan trilogi kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SD N 2 Sanden,(2) untuk mengetahui kendala dan upaya penerapan kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SD N 2 Sanden. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskreptif dengan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data dengan langkah-langkah, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan; 1) Penerapan Trilogi Kepemimpinan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SD N 2 Sanden menerapkan sistem among sebagai sistem pendidikan yang didasarkan asas kemerdekan dan kodrat alam yang dikembangkan menjadi lima asas pokok disebut Pancadarma Taman Siswa meliputi asas kemerdekaan atau kebebasan, asas kodrat alam, asas kebudayaan, asas kebangsaaan dan asas kemanusiaan; 2) Hambatan yang ditemui dalam penerapannya terdapat dua faktor, diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal, meliputi pendidik atau guru, Sarana dan prasarana yang disediakan sekolah, dan kemampuan siswa: 3) Upaya mengatasinya dengan mengembangkan sumber daya manusia dalam pembinaan, diklat pendidikan, danĀ mengoptimalkan peran wali murid.
Keywords
References
Bambang Sukawati Dewantara. (1964). Asas-asas dan Dasar-dasar Taman Siswa. Yogyakarta:
MLTS
Miftah Thoha, (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Purwato, N, M. (1938) Ilmu pendidikan. teoritis dan praktis. CV Remaja Karya: Bandung.
Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non-formal dan
Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), Bandung:
Alfabeta, CV
Soeratman, P. (1985). Ki Hadjar Dewantara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,
Proyek Pembinaan Pendidikan Dasar.
Sri Sugiharti. (2013) Paper Tentang Ajaran Ki Hadjar Dewantara. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta.
Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia
Wahjosumidjo 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Article Statistic
Abstract view : 266 timesPDF views : 1351 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.