Manajemen Pendidikan Multikultural untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter di Sekolah Dasar

Main Article Content

Ismiyatun Marfuah
Mulyoto Mulyoto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan multikultural untuk menanamkan nilai-nilai karakter, kendala dan pendukung, serta efektivitas manajemen pendidikan multikultural untuk menanamkan nilai-nilai karakter di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari, pada tahun pelajaran 2019/2020. Sumber data penelitian ini adalah informan yang terdiri atas kepala sekolah sebagai key information, guru kelas, dan koordinator ekstrakurikuler, kegiatan, serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan multikultural untuk menanamkan nilai-nilai karakter dilakukan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, komunikasi, dan pengawasan. Faktor kendala yaitu kondisi peserta didik, latar belakang peserta didik dan wali murid yang beraneka ragam, adanya perbedaan pola mendidik antara sekolah dan rumah atau lingkungan anak, kompetensi guru yang berbeda, serta pemakaian media pembelajaran yang kurang maksimal. Sedangkan faktor pendukung antara lain komitmen guru-guru, adanya instrumen untuk memantau ketercapaian program, konsistensi guru dan peserta didik, sarana prasarana, serta komitmen orang tua untuk mendukung program di sekolah. Efektivitas manajemen pendidikan multikultural untuk menanamkan nilai-nilai karakter berjalan sangat baik dengan adanya manajemen kurkulum, manajemen sarana dan prasarana, manajemen tata laksana, dan manajemen hubungan masyarakat/komunikasi.

 

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021

References

Baroroh, H. 2018. Manajemen pendidikan nilai-nilai multikultural dalam pembentukan karakter religius siswa di man Yogyakarta iii tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan. Volume 1 Nomor 2.

Cheng, Y.C. 1996. School effectiveness and school based management: a mechanism for development. London: The Falmer Press, 1996.

Depdiknas. 2007. Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Gafari, M.O.F. 2019. Komunikasi dalam manajemen pendidikan. Online. http://digilib.unimed.ac.id/komunikasi--dalam-manajemen-pendidikan/23366.

Ghony, M.D., & Almanshur, F. 2016. Metode penelitian kualitatif. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Hanum, F., & Raharja, S. 2013. Pengembangan model pembelajaran multikultural terintegrasi mata pelajaran ips di sekolah dasar. Jurnal penelitian ilmu pendidikan. Volume 6 Nomor 2.

Ibrahim, R. 2008. Pendidikan multikultural: upaya meminimalisir konflik dalam era pluralitas agama. Jurnal pendidikan islam el-tarbawi. Volume 1 Nomor 1.

Julistiaty, Madhakomala, R. & Matin. 2018. Manajemen pendidikan dalam membentuk karakter siswa smp tunas bangsa sunter. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan. Volume 6 Nomor 2.

Khairuddin, A. 2018. Epistemologi pendidikan multikultural di Indonesia. Jurnal IJTIMAIYAH. Volume 2 Nomor 1.

Lemlit. Universitas Negeri Gorontalo. 2011. Pentingnya pendidikan multikultural. Online.http://jurnal.djulas.com/index.php?option=com_content&view=article&id

Palipung, N. 2016. Implementasi pendidikan multikultural di sekolah inklusi sd taman muda ibu pawiyatan tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 5. Volume 5.

Supriatin, A., & Nasution, A.R. 2017. Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di Indonesia. Jurnal Elementary .Volume 3.

Yaqin, H. 2011. Administrasi dan manajamen pendidikan. Banjarmasin : IAIN Antasari press Banjarmasin.