Implementasi Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara dalam Manajemen Strategik Pembelajaran

Main Article Content

Yohanes Mian Lamen
Sunarto Sunarto

Abstract

Tujuan penelitian yaitu: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan implementasi ing ngarso sung tuladha dalam manajemen pembelajaran guru SMP Karitas Yogyakarta; 2) Mengetahui dan mendeskripsikan implementasi ing madya mangun karsa dalam manajemen pembelajaran guru SMP Karitas Yogyakarta; 3) Mengetahui dan mendeskripsikan implementasi tut wuri handayani dalam manajemen pembelajaran guru SMP Karitas Yogyakarta; 4) Mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat trilogi kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara dalam manajemen pembelajaran guru SMP Karitas Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian yaitu, kepala sekolah, guru matapelajaran dan perwakilan siswa. Metode pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianya: 1) Para guru di SMP Karitas berhasil mengimplementasikan ing ngarso sung tuladha dalam manajemen strategik pembelajaran mereka. Para guru berhasil menjadi pemimpin yang memberi teladan; 2) Para guru di SMP Karitas Yogyakarta berhasil mengimplementasikan ing madya mangun karsa dalam manajemen strategik pembelajaran; 3) Para guru SMP Karitas berhasil mengimplementasikan tut wuri handayani dalam manajemen strategik pembelajaran; 4) Ada banyak faktor yang mendukung yakni, sarana-prasarana yang lengkap dalam pembelajaran, semangat yang tinggi dari para siswa untuk terus belajar.

 

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021