Implementasi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Dalam Manajemen Pembelajaran Praktik Mata Pelajaran Prakarya

Main Article Content

Ismi Roudhotul Janah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Implementasi  Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dalam Manajemen Pembelajaran Praktik Mata Pelajaran Prakarya Di SMP Negeri 1 Jatinom Klaten. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah dan guru mata pelajaran prakarya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil analisis menunjukan 1) Implementasi kepemimpinan dalam manajemen pembelajaran praktik mata pelajaran Prakarya di SMP Negeri 1 Jatinom Klaten telah diterapkan. 2) Penerapan manajemen dalam pembelajaran praktik pada mata pelajaran prakarya. 3) Faktor pendukung implementasi kepemimpinan dalam manajemen pembelajaran praktik mata pelajaran Prakarya di SMP Negeri 1 Jatinom Klaten. 4) Faktor penghambat implementasi kepemimpinan dalam manajemen pembelajaran praktik mata pelajaran Prakarya di SMP Negeri 1 Jatinom Klaten. 5) Upaya meningkatkan sumberdaya manusia yang ada disekolah.

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021

References

Arikunto, S. (2016) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cresswell, J. W. (2010). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: Sage Publications Inc.

Dewantara, K.H. (2103). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Dewantara, K. H. (2017). Di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 3 Vol. V

Mursid R. (2013). Pengembangan model pembelajaran praktik berbasis kompetensi berorientasi produksi. Jurnal UNJ pendidikan usia dini. hal 30.

Nugroho, L. (2017). The implementation of an trilogi educational leadership to ki hadjar dewantara in elementary school (sd) taman muda ibu pawiyatan taman siswa of yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 3 Vol. VI.

Tin, D, M, N & Purbonuswanto, W. (2019). Implementasi kepemimpinan ki hajar dewantara dalam manajemen pembelajaran praktik. Jurnal Media Manajemen Pembelajaran, Volume 2, No 1

Danarwati, Y, S. (2013). Manajemen pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal mimbar Bumi Vol 6, No 13.

Sugiharti, S. (2013). Paper tentang ajaran ki hajar dewantara. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris : Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suparlan, H. (2015). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal filsafat vol 5, No 13.

Sutarto. (2016). Penyusunan model animasi komputer guna pembelajaran listrik magnet 2 pada mahasiswa program pendidikan fisika semester III fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sarjanawiyata tamansiswa tahun 2015. Jurnal ilmiah tut wuri handayani volume 5 no 1. 101.