Manajemen Mutu Pelayanan Pendidikan di Sekolah Kejuruan

Main Article Content

Rustina Anjar Rokhani
Agustina Sri Purnami

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen mutu layanan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan layanan pendidikan di SMK Muhammadiyah I Wonosari Gunungkidul dilihat dari prencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evalusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini merupakan Guru yang mengajar di SMK Muhammadiyah I Wonosari. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analititif. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berkaitan dengan kualitas pelayanan pendidikan dan menguatkan teori tentang manajemen yaitu dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evalusi di SMK Muhammadiyah I Wonosari sudah melaksanakan prinsip manajemen tersebut dengan baik. Dalam Perencanaan Manajemen Mutu Pelayanan Pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Wonosari dilakukan di awal tahun dengan berpedoman pada EDS dan standar SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal). Dengan pengorganisasian SDM yang terlibat meliputi: Kepala Sekolah, Semua Wakil Kepala, Sekolah, WMM/wakil manajemen mutu, Ketua program studi semua juruan. Peran warga sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, anggaran dan sarana prasarana
Kata kunci : mutu, manajemen mutu, mutu pelayanan pendidikan

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021
Author Biography

Rustina Anjar Rokhani, SMK N3 Wonosari

Mahasiswa MP UST

References

Afandi, Yazid. 2018. Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Ahmad, Badu dan Batinggi. 2015. Manajemen Pelayan Publik. Yogyakarta: Andi Offset.

Amtu, Onisimus. 2011. Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah: Kinerja, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Arcaro, S. Jerome. 2017. Pendidikan berbasis mutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bakhtiar, Arfan et al. 2012. Aanalsis kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode Servqual dan model Kano (Studi kasus : PT. PLN UPJ Semarang). Jurnal Teknik Industri UNDIP, Vol 5, no. 2 pp. 77-84. Februari 2012.

Danim, Sudarwan. 2016. Motivasi Kepemimpinan dan efektivitas kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima . Yogyakarta : Gava Media.

Fredo, Dodik. 2018. Usaha Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Pendekatan Fuzzy dan Metode Service Quality pada Pusat Perbelanjaan Assalam Hypermarket. Fakultas Teknik UMS. Surakarta.

Ghozali, A., 2010. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jaedun, Amat. 2013. Model Evaluasi Penjaminan Mutu Sekolah. Yogyakarta: LPPMP UNY.

Kotler dan keller. 2018. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Moenir, HAS. 2014. Manajemen Peayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Parasuraman, A. Valerie. 2011. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service . New York: The Free Press.

Pidarta, Made. 2018. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Rubaman, Maman. 2012. Mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan. Yogyakarta: UII Pres