Pengaruh Kepemimpinan Kepala sekolah, Etos Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah 1 Playen

Main Article Content

Yeni Widyastuti

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh antara kepemimpinan Kepala Sekolah, etos kerja dan iklim kerja baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian populasi karena populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK Muhammadiyah 1 Playen yang berjumlah 61 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis statistik deskriptif, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis dengan analisis regresi ganda, uji t dan korelasi parsial serta sumbangan efektif dan sumbangan relatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah, etos kerja  dan iklim kerja secara sendiri maupun bersama-sama memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru. 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 21, 4%. 3) Etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 22,8%. 4) Iklim kerja berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap kinerja guru sebesar 55,8%. Ini artinya apabila kepemimpinan Kepala Sekolah, etos kerja dan iklim kerja meningkat secara bersama-sama maka kinerja guru mengalami peningkatan. Sebaliknya apabila kepemimpinan Kepala Sekolah, etos kerja dan iklim kerja menurun secara bersama-sama maka Kinerja Guru  turut mengalami penurunan.

 

Kata kunci: kepemimpinan Kepala Sekolah, etos kerja, iklim kerja, kinerja guru

 

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 1992. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Sigma Alpha.

Azwar,Khairul Dkk.2015. Pengaruh Sertifikasi Dan Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan ISSN: 2302-0156.3(2).2015

Bawelle, Mouren dan Jantje Sepang. 2016. Pengaruh Etos Kerja, Gairah Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. BRI Cabang Tahuna. Jurnal EMBA. Vol. 4. No. 5.

Burhanudin. 2016. Analisa Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan.Malang:Universitas Negeri Malang.

Darodjat, Tubagus Achmad. 2015. Konsep-Konsep Dasar Manajemen Personalia.Bandung: PT Refika Aditama.

Dyah Hayu Puspita 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Pemanfaatan Media Terhadap Kinerja Guru SD di UPT Tepus Jurnal Media Manajemen Pendidikan (MMP), Volume 1 Nomor 1, halaman 137- 144.

Diynti 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Iklim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Implikasinya Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Institut Pertanian Jurnal Aplkasi Bisnis Dan Manajemen), Volume 3 Nomor 3, halaman 361- 372.

Hapid dan Acep Rochmat Sunarwan. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Financia Multi Finance Palopo. Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 01. No. 02.

Hardiansyah, Andri dan Rini Purnamasari Yanwar. 2015. Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. AE. Jurnal Al- Azhar Indonesia Seri Humaniora. .Vol. 3. No. 2.

Irwandi Mamonto, Rivai Bolotio, Ardianto, Ardianto 2019. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan dan Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru di MAN 1 Kotamobagu.Journal Of IslamicEducation Policy (JIEP), Volume 4 Nomor 2.

Koswara, 2016. Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikat Profesi Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , Volume 1 Nomor 1, halaman 61 - 71.

Machali, Imam. 2018. Model Kepemimpinan Sekolah Menengah Muslim di Yogyakarta. Jurnal Kemenag: vol 3. Hal: 16-24.

Mulyasa 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfiqon, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Robertus Marianus 2020. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru, dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru.Jurnal Media Manajemen Pendidikan (MMP), Volume 2 Nomor 3, halaman 409 - 418.

Septiana, Roslena, Ngadiman, dan Elvia Ivanda. 2013. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Wonosariâ€. Jurnal Penelitian UNS. Vol. 2 No.1.

Sukayana, I Wayan. 2019. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10 (2)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.

Vita Dwijayanti 2019. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Pelatihan Terhadap Keprofesionalan Guru Dalam Kerangka Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Media Manajemen Pendidikan (MMP), Volume 2 Nomor 2, halaman 289 - 299.

Widodo, Joko 2008. Kepemimpinan Pendidikan Transsaksional dan Transformasional di SMK Non Teknik. Jurnal Pendidikan Ekonomi.