Manajemen Penerimaan Peserta Didik dari Keluarga Miskin untuk meningkatkan Akses dan Mutu Pendidikan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang memberi kesempatan lebih besar bagi siswa dari keluarga miskin untuk mengikuti pendidikan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Pada pendekatan ini, peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi yang alami.Dengan metode kualitatif ini peneliti memperoleh data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Hasil penelitian ini menunjukkan berbagai informasi hal-hal sebagai berikut: (1) Penerimaan peserta didik dari keluarga miskin dengan penambahan kuota di SMA N 1 Dlingo meningkatkan jumlah peserta didik di kelas X, dan secara tidak langsung kuota peserta didik kelas X dapat terpenuhi; (2) Peningkatan mutu dan prestasi peserta didik dari keluarga miskin; (3) Kerjasama sekolah dengan berbagai lembaga seperti PerguruanTinggi, Puskesmas dan berbagai instansi terkait, diiringi dengan pemenuhan 8 standar terutama proses pendidikan sangat membantu dalam meningkatkan mutu dan prestasi peserta didik.
Kata kunci: kemiskinan, akses pendidikan, mutu pendidikan
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Bridgeland, John M, 2009. On the frontline of school. Washington D.C., Civic Enterprise, eleventh floor.
Fattah, Nanang,2012, Sistem penjaminan mutu pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya,
Imron, Ali. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Jensen, Eric, 2009, Teaching with poverty, Virginia: ASDC, 1703N Bearugard St, Alexandria.
Mulyono. 2009. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta:Ar-Ruz Media.
OECD (2014), PISA 2012 Results: Students and money: financial literacy skills for the 21st century (Volume VI):PISA, Paris, OECD Publishing.
OECD (2016), low-performing students: why they fall behind and how to help them succeed, :PISA, Paris OECD Publishing.
OECD Publishing, Paris,Patrice M. Engel and Maureen M. Black. The Effect of Poverty on Child Development and Educational Achievement, didownload dari https://digitalcommons.calpoly.edu tanggal 8 September 2016 jam 00.08
Pieter Serneels, Stefan Dercon. 2014. Aspiration, poverty and education, www.younglives.org.uk diunduh tanggal 8 september 2016 jam 12.46
Sagala, Syaiful. 2013. Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Servaas, van den Berg, Cobus Burger, 2011. Low quality education as a poverty trap. Stellenbosch University: Department of Economics
Sugiyono,2014 . Memahami penelitian kualitatif, Bandung:Alfabeta
Suharsimi Arikunto, Lia Yuliana. 2013. Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.