Penerapan Aplikasi Google Classroom dalam Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Kejuruan

Main Article Content

Artatiningsih Artatiningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan, faktor penghambat , faktor pendukung dan hasil penerapan   Aplikasi   Google  Classroom dalam  Manajemen Pembelajaran  Jarak  Jauh di SMK YAPPI Wonosari  Gunungkidul.   Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana peneliti sebagai instrument kunci. Penelitian ini di laksanakan di SMK YAPPI Wonosari Gunungkidul . Sumber data penelitian ini adalah informan yang terdiri atas kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum dan guru mata pelajaran, kegiatan dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian bahwa: satu, Penerapan  Aplikasi   Google  Classroom dalam  Manajemen Pembelajaran  Jarak  Jauh  DI SMK YAPPI Wonosari  Gunungkidul berhasil dilakukan dengan baik sebagai metode pembelajaran yang digunakan selama masa pandemi Covid Sembilan belas.Siswa mampu mengikuti pembelajaran menggunakaan media google classroom sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung efektif dan efisien, dua, Faktor penghambat penerapan aplikasi google classroom dalam manajemen pembelajaran jarak jauh di SMK YAPPI Wonosari  Gunungkidul yaitu sulit untuk mendapatkan jaringan internet. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui google classroom adalah sisi kreativitas dari tenaga pendidik maupun peserta didik dalam sistem pembelajaran jarak jauh dituntut untuk berlaku kreatif, tiga, Hasil  penerapan aplikasi google classroom dalam manajemen pembelajaran jarak jauh di SMK YAPPI Wonosari Gunungkidul mempunyai hasil yang positif dan sangat efektif.

 

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021

References

Aguinis, Herman. 2014. Performance Management. United States of America: Pearson

Arikunto, Suharsini. 2006. ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinikaCipta.

Chaeruman, Uwes. 2013. Mengenal lebih dekat kebijkan PJJ & e-learning dan penerapannya di perguruan tinggi. Dirjen Kemahasiswaan, Kemenristek dikti.

Cook & Furman. 2008.E-learning: is there anything special about the "e"? Perspectives in Biology and Medicine.Chicago:Winter 2008. Vol. 51, No. 1, pp. 5-21.

Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan. 2014. Pengembangan E-learning: Teori dan Desain. Bandung: PT RemajaRosdakarya

Diemas, Bagas Panca Pradana. 2017. Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa.. Jurnal Unesa, vol 2, No. 01 tahun https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20527

Effendi et al. 2005. E-learning: Kesiapan Sistem Dalam Mendukung Program Bengkulu Kota Pelajar. Yogyakarta:UII , 3(2). http://journal.uii.ac.id/.

Ekawati. 2016. TIK untuk pengembangan diri guru. Jakarta: Dirjen GTK Kemdikbud.

Fransiskus, I.G. 2018. Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahaan Masalah ( Problem Solving ) Topik Vektor pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran “ Jurnal Etnomatsia Univesitas Sarjana Wiyata Taman siswa, Vol 2, no.8. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2334/1296

Huberman Michael. 2000. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong. Lexi J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari dan M. Martini Hadari. 2012. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nirfayanti Nurbaeti. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pasca sarjana Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo.Vol2.No.1,.http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1176

Darmawan. 2014. Pengembangan E-learning: Teori dan Desain. Bandung: PT RemajaRosdakarya