Manajemen Sekolah Adiwiyata Nasional dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan Siswa

Main Article Content

Sri Wahyuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang manajemen sekolah dalam program Sekolah Adiwiyata Nasional; (2) mendeskripsikan program-program yang dilaksanakan oleh sekolah dalam rangka menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri; (3) mendeskripsikan program Adiwiyata dalam rangka penanaman karakter kewirausahaan siswa berbasis lingkungan; (4) mendeskripsikan rencana pengembangan sekolah dalam meningkatkan karakter kewirausahaan siswa SMA Negeri 1 Cangkringan. Penelitian ini yang dilaksanakan merupakan  penelitian  kualitatif deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara umum Manajemen Sekolah   Adiwiyata di SMA Negeri 1 Cangkringan yang dilaksanakan dengan komponen Adiwiyata yaitu: Kebijakan Berwawasan Lingkungan; Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan;Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif; dan Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan melalui fungsi manajemen Perencanaan, Pengorganisasian dan Pelaksanaan dan Pengawasan berjalan dengan baik. Sehingga dalam program kelanjutan menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri, sekolah hanya perlu memenuhi persyaratan yang diperlukan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri tanpa mengalami hambatan yang berarti. Penanaman karakter kewirausahaan siswa berbasis lingkungan dilaksanakan dengan program-program yang terencana dan berhasil dengan baik dibuktikan dengan kerjasama dan pameran-pameran yang diikuti oleh siswa SMA Negeri 1 Cangkringan. Program pengembangan dalam penanaman karakter kewirausahaan siswa telah dirancang dan direncanakan oleh sekolah secara matang. Hal ini menunjukkan bahwa program Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 1 Cangkringan ini dikelola dengan baik dan merupakan program yang berkelanjutan

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Dalmeri. 2014. Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14(1), 269–288.

Diunduh tanggal 3 Juli 2020 pk 22.10 dari https://www.researchgate.net/publication/290920065_PENDIDIKAN_UNTUK_PENGEMBANGAN_KARAKTER_Telaah_terhadap_Gagasan_Thomas_Lickona_dalam_Educating_for_Character

Hakim, D. 2012. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Competitive Advantage 1(2).

Julaiha, Siti, Ishmatul Maula. 2018. Implementasi Manajemen MadrasahAdiwiyata di MAN 1 Samarinda. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 3, Nomor 2, November 2018/1440. 353-367

Lestari, Prawidya dan Sukanti. (2016). “Membangun Karakter Siswa melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum Indonesia (di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta)â€. Jurnal STAINU Purworejo Jawa Tengah. Vol. 10, No. 1, 71-96.

Mirza, Desfandi, Enok Maryani and Disman. 2017. Building Ecoliteracy Through Adiwiyata Program (Study at Adiwiyata School in Banda Aceh). Indonesian Journal of Geography Vol. 49, No.1, June 2017. 51 – 56.

PERMEN-LH [Peraturan Menteri Lingkungan Hidup]. (2013). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Riyanto, Edi. (2018). Manajemen Edupreneurship Dalam Pembentukan Karakter Kewirausahaan Siswa Di SMK Ma‟arif NU Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Robingaenah. (2018). Manajemen Madrasah Berbasis Adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap. Tesis. Progaram Pasca Sarjana, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Rusdiana. 2018. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugianto Slamet, Nurkolis dan Ngasbun Egar. 2017. Manajemen Sekolah Adiwiyata di SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal, Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) Volume 8 Nomor 1 April 2019 hal 22-35

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Widiyaningrum, Priyantini. 2015. Evaluasi Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Sampah Untuk Mendukung Program Sekolah Adiwiyata dalam Indonesian, Journal of Conservation Volume 04, Nomor 1, tahun 2015, 4—82