Implementasi Manjemen Budaya Mutu Dalam Rangka Mewujudkan Prestasi Akademik

Main Article Content

Harni Harni

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi manajemen budaya mutu dalam rangka mewujudkan prestasi akademik di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dilakukan di SD Muhammadiyah Condongcatur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan sangat baik melalui penetapan visi, misi dan tujuan, melibatkan steakholder, merumuskan strategi melalui koordinasi guru, inventarisasi kebutuhan, rapat intern, dan rapat terbuka, menetapkan standar, merencanakan monitoring dan evaluasi program; (2) Pengorganisasian sangat baik dengan cara pembagian dan pendelegasian tugas, tim kerja, pengalokasian dana dan mensosialisaikan program; (3) Pelaksanaan sangat baik dilakukan berdasarkan kebijakan sekolah, kepala sekolah memberi keteladanan, menumbuhkan rasa percaya diri, kooperatif dan bekerja sama dengan semua pihak, guru melakukan proses pembelajaran kreatif, inovatif, melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, pengelolaan perpustakaan, pengembangan professionalisme guru, dan pemenuhan infrastruktur; (4) Pengawasan baik dilakukan secara komprehensif dan kolaboratif secara berkala dan insidental dengan perangkat pengawasan; (5) Hasil implementasi budaya mutu adalah terwujudnya prestasi akademik sampai internasional, rata-rata nilai ujian dan raport sangat baik, lulusan diterima di sekolah negeri, dan siswa berkarakter.

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021

References

Daftar Pustaka

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media..

Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Pengembangan Kultur Sekolah, (Penerbit: School Reform 01, 2002), 14

Edward Sallis, Total Quality Management in Education: Managemen Mutu Pendidikan, (Jogjakarta: IRCiSoD, 2006), cet. Ke-1, 32. Lihat Sudarwan Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah, 2006,

George R. Terry dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh, Bumi Aksara, Jakarta, 2000, hlm. 1.

Hari Suderadjat, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung: Cipta Lekas Garafika, 2005, h. 17

Hidayat, dkk, Optimalisasi Budaya Mutu Sekolah untuk Meningkatkan Komitmmen Guru, Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.6, No.2, Juli 2018 P-ISSN 2302-0296 E-ISSN 2614-3313 Juli 2018

https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf.

https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/tentang-pisa/

Loukkola, T., & Zhang, T. (2010). Examining Quality Culture: Part 1 – Quality Assurance Processes in Higher Education Institutions. European University Association. https://doi.org/ISBN 9789078997214

M.N. Nasution, Manajemen Mutu terpadu, (Jakarta : Ghalia Indonesia, 2004), Cet. ke-3, h. 15

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Budaya Mutu, (Malang: UIN Maliki Press,2010), 129

Mulyadi, Pengembangan Budaya Mutu Madrasah menurut Teori Block Ice Lewin, Jurnal Psikoislamika, vol. 6 No. 1, Januari 2009, Malang: Penerbit LP3K Lembaga Pengembangan Psiklogi dan Keislaman FP UIN Maliki Malang, 106.

Nanang Fatah, Landasan Manajemen Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2009, hlm. 1.

Owens, R. G, Organizational Culture in Education, (Boston: Allyn and Bacon, 1995). Lihat : Aan Komarian, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, (Jakarta: PT Bumi Aksar, 2005), cet. Ke-1, 96-97.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pelayanan Pendidikan

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015), hal. 12

Sabandi, A.(2013). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Siti Aminah, Membangun Budaya Mutu di Madrasah Unggul, e-Jurnal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi.v3i1.199

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D Cetakan Ke-4. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Umaedi, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Sebuah Pendekatan Baru dalam Pengelolaan Sekolah untuk Meningkatkan Mutu, www.Depdiknas, go., id., 20 Pebruari 2006., Lihat di Suprapto, Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan, ( Jakarta Selatan: PT Pena Citasatria, 2008), cet. Ke- 1, 21.

Wiwik Dwi Kurniasih, dkk, Pengembangan Budaya Mutu di Sekolah Swasta Bruder Melati Kota Pontianak. Tesis. Program Magister Pendidikan FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak 2013