Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar

Authors

  • Natalia Bekti Kurniawati SDN CandirejoI Semin, Indonesia
  • Pardimin Pardimin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.9120

Keywords:

manajemen, hubungan sekolah dengan masyarakat, mutu pendidikan

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat dalam mewujudkan mutu pendidikan Sekolah Dasar Girisekar Panggang Kabupaten Gunungkidul yang meliputi 1). Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan 2). Kendala yang dihadapi dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat 3). Cara mengatasi kendala yang timbul dalam pelaksanaan manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Girisekar Panggang Kabupaten Gunungkidul. Sumber data dalam penelitian ini antara lain: Kepala Sekolah, guru, dan Komite Sekolah atau orang tua siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat di SD Negeri Girisekar Panggang meliputi: (a) Perencanaan, (b) Pengorganisasian, (c) Pelaksanaan, (d) Pengawasan, (e) Evaluasi, 2) Kendala yang dihadapi dalam pelasanaan program manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat adalah kurangnya ide kreatif, kurangnya anggaran, keterbatasan potensi SDM, dan hasil evaluasi yang sering tidak ditindaklanjuti. 3) cara mengatasi kendala dalam pelaksanaan program manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat adalah melibatkan segenap stakeholder untuk menggali ide kreatif, penggalian sumber dana dari orang tua siswa dan pihak lain, saling membantu dalam tim, dan menunjuk beberapa personil sebagai tim yang bertugas dalam tindak lanjut.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basrowi, & Suwandi. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Daft, I.L. (2017). Management. United Stated of America: Harcourt College Publishers.

Faisal, S. (2016). Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fitri, L. (2018). Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Penerbit Humaniora.

Hasibuan, M. (2001). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hikmat. (2019). Foreword to Manajemen Pendidikan by Hikmat. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musfah, J. (2015). Manajemen pendidikan teori, kebijakan dan praktiki. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurkolis. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi. Bandung: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pidarta, M. (2018). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Rini, R. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah dan Hasil Penelitian. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Safroni, L. (2012). Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya: Adiitya Media Publishing.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2017). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, Vol 5 no. 2, hal: 206-216.

Sallis, E. (2016). Total Quality Manajemen in Education (Diterjemahkan oleh Riyadi, Ahmad Ali & Fahrurrozi). Jogjakarta: IRCiSoD.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, H. (2015). Manajemen, Teori, Praktik dan RIset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wayan, L. (2019). Pengantar Pendidikan IPS. Bali: Undiksha Press.

Downloads

Published

2021-04-03

How to Cite

Kurniawati, N. B., & Pardimin, P. (2021). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 470–479. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.9120

Issue

Section

Vol 3 No 3 (Februari) 2021

Citation Check