Manajemen Modal Manusia (Human Capital Management) Dalam Pemberdayaan Dosen Stikes Panti Rapih Yogyakarta

Main Article Content

Puji Lestari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan manajemen modal manusia (human capital management) dalam pemberdayaan dosen STIKES Panti Rapih Yogyakarta melalui fungsi-fungsi manajemen yaitu Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengontrolan dan evalusi yang dikaji dalam proses rekruitmen, pembinaan dan evaluasi/penilian kinerja dosen; dan (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan dosen STIKES Panti Rapih. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah para dosen STIKES Panti Rapih Yogyakarta. Pendekatam dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Pengolahan data menggunakan tahapan penelitian oleh Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa STIKES Panti rapih Yogyakarta mengimplementasikan komponen human capital dan model-model pemberdayaan dalam manajemen modal manusia (human capital management) dimulai dari: (1) perencanaan penyiapan dosen sebagai human capital dalam proses perekrutan, seleksi, penempatan, pembinaan dan pengembangan professional, penilian kinerja dosen dan kompensasi yang yang dilakukan secara transparan dan akutabel; dan (2) pengorganisasaian dosen sebagai human capital, (3) pelaksanaan pemberdayaan dosen sebagai human capital dan (4) evaluasi human capital dalam pemberdayan. Adapun faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan disadari oleh institusi maupun para dosen tetaplah ada, baik internal maupun eksternal, namun dengan manajemen yang baik hambatan tersebut dapat diminimalisir

Article Details

Section
Vol 5 No 3 (Februari) 2023

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad, H. (2017), Pengaruh Knowledge Management Terhadap Pemberdayaan Dosen. Jurnal Management Mercubuana, 9(2). P-ISSN 2085-4293; E-ISSN 2654-5799

Andi, F.B. (2017). “Dosen Dan Tridharma Perguruan Tinggi” (Teori Dan Praktek). Membangun Kebijakan Kompetensi Tridharma Perguruan Tinggi Kota Jakarta. Presentasi makalah seminar nasional di Auditorium IPDN Jakarta, Jumat, 10-02-2017.

Baron, Angela, and Michael, A. (2007). Human Capital Management, Achieving Added Value Through People, USA: Kogan Page Limited.

Citra, D. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Dosen. Jurnal Manajemen, 3(1).

Dian, S. (2017), Analisis Penerapan Human Capital Management Terhadap Kinerja Karyawan Studi Pada PT. Telkomsel Purwokerto. http://journal.lppmunindra.ac.id

Gaol, C.J.L. (2014). Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori Dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Public Dan Bisnis. Jakarta: Grasindo Anggota Ikapi.

Hasibuan, M.S.P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kaswan. (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lantip, D.P., Amirul, M., dan Fitri, N.M. (2017), Manajemen Strategi Human Capital Dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Mulyono, (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rarasputri, M. (2011), Human Capital Management. Diambil pada tanggal 2 Maret 2020 dari www.slideshare.net

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suparno. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Undang-undang Republic Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara

Yamoah, E.E. (2014), The Link between Human Resource Capacity

Building and Job Performanc. International Journal of Human Resource Studies, 4(3).