Manajemen Distance Learning Pada Pembelajaran Produktif Kuliner Untuk Pemenuhan Kompetensi Pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Bothok Lestari

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Mengidentifikasi manajemen  distance learning yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pada pembelajaran produktif kuliner; (2) Mengetahui faktor pendukung, penghambat dan solusi mengatasi manajemen pembelajaran distance learning pada pembelajaran produktif kuliner; dan (3) Mengetahui hasil dalam manajemen pembelajaran distance learning pada pembelajaran produktif kuliner. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif  deskriptif yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sewon Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan manajemen pembelajaran distance learning pada pelajaran produktif Kuliner di SMK Negeri 1 Sewon Bantul terdiri perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi sudah berjalan dengan baik (2) Faktor pendukung dalam pembelajaran distance learning diantaranya pemberian kuota internat secara berkala untuk guru dan siswa, pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dan pembelajaran jarak jauh bagi guru. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembeajaran distance learning adalah kuota internet siswa terbatas, gadget siswa yang tidak mendukung, jaringan internet tidak stabil, peralatan dan bahan untuk melaksanakan praktek dirumah. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikann kesempatan siswa untuk mengerjakan tugas secara luring, untuk materi yang tidak menungkinkan praktek di rumah siswa, diatasi guru dengan mengirimkan vidio tutorial, gambar, kemudian siswa menganalisis dan menyimpulkan.(3) Pelaksanaan pembelajaran distance learning di SMK Negeri 1 Sewon Bantul sudah berjalan dengan baik dengan mengutamakan kompetensi dasar yang esesnsial dan tetap memberikan kompetensi dasar yang tidak esensial untuk memenuhi kompetensi siswa sehingga dapat mengikuti uji kompetensi dengan baik.

Article Details

Section
Vol 4 No 1 (Juni) 2021

References

Abidin, Z., Hudaya, A., Anjani, D. (2020). Efektifitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid – 19. Research and Developmant Journal Of Education. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659.

Asrul, dkk. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Cipta Pustaka Media. Perdana Mulya Sarana Medan

Dirjen Dikdasmen. (2018). Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 07/d.d5/kk/2018 tentang struktur kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Efendi, didik. (2020). Peran orang tua dalam pembelajaran model distance learning di Sekolah Dasar Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. volme 5. Nomer 1

Eryadini,N., Nafisah,D. (2020). Psikologi belajar dalam penerapan distance learning. Jurnal pendidikan dan pengabdian masyarakat. Volume 3., No. 3. Universitas PGRI Adi Buana-Lamongan, Indonesia

Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press

Hartatik,Sri., Nafiah, .(2020). Penerapan manajemen pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat perangkat pembelajaran.Education and development journal. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Indriani, TM., Fathoni, T., Riyana, C. (2018). Implementasi blended learning dalam program pendidikan jarak jauh pada jenjang pendidikan menengah kejuruan.Jurnal. Edutcehnologia. Tahun 2, Vol 2 No 2.

Jusuf H., Sobari A., Hathoni M. (2020). Pembelajaran jarak jauh bagi siswa SMA di era covid – 19. Jurnal Kajian Ilmiah. DOI: 10.31599/jki.v1i1.212

Lahinta,Agus.(2013) . Berbagai Model Inovasi Pembelajaran dengan dukungan Teknologi Informasi. Seminar Internasional, ISSN 1907-2066 Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia APTEKINDO

Latip, Abdul. (2020).Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid – 19. Edu Teach. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. Volume 1. No 2

Mamahit, C.E.J., (2021). Pengaruh pembelajaran jarak jauh model bauran terhadap hasil belajar dan persepsi mahasiswa. Jurnal Ilmiah. Polyglot. Vol 17. Nomer 1. DOI: dx.doi.org/10.19166/pji.v17i1.2792

Mendikbud RI, (2019). Surat Edaran nomor 14 tahun 2019 tentang penyerdehanaan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)

Meyny S. C. Kaunang .(20200.Manajemen pembelajaran musik siswa MIS Imanado Internasional School) secara virtual di era kenormalan baru. Jurnal. Pelataran Seni. Volume 5 No 2.

Moleaong, Lexy.J., (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Edidi revisi. Remaja rosdakarya. Bandung.

Mutaqinah, R., Hidayatullah, T. (2020). Implementasi pembelajaran daring (program BDR) selama pandemi covid – 19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal. PETIK. Volume 6 Nomor 2.

Rozalina. (2020). Manajemen pembelajaran digital melalui aplikasi youtube. Journal Seminar nasional pendidikan PPs Universitas PGRI Palembang.

Sabaniah, S., Ramdhan, DF., Rohmah, S..K. (2021). Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di tengah wabah covid – 19. Jurnal. Edunesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Volume 2 Nomor 1.

Suryana, Yaya, dkk.(2020) manajemen pembelajaran daring berbasis empatiuntuk pemeliharaas motivasi daring mahasiswa dalam situasi wabah covid-19. Journal. Digital Library. UIN Sunan Gunung Djati Bandung